ASDP Siapkan 57 Kapal Antisipasi Antrian di Liburan Natal dan Tahun Baru 2019

Situasi Terkini Pelabuhan Ketapang Banyuwangi

Peristiwa
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Untuk mengantisipasi terjadinya antrian kendaraan bermotor di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi maupun Pelabuhan Gilimanuk bali saat liburan Natal dan Tahun Baru 2019, PT ASDP menyiapkan 57 armada kapal.

Dan untuk mensukseskan hal itu, saat ini ASDP tengah melakukan perbaikan sarana prasarana di area pelabuhan. Seperti perbaikan dermaga Ponton dan LCM.

Juga, kini tengah di lakukan pemasangan lampu berkekuatan cukup besar di masing masing dermaga, sehingga sebelum masa angkutan Natal dan Tahun Baru seluruhnya sudah selesai terpasang.

Sementara dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM), para karyawan telah di berikan training agar mereka bisa mengoperasikan berbagai fasilitas yang ada dan memberikan service yang baik.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Ketapang-Gilimanuk, Solikin mengatakan, dari berbagai upaya yang telah di lakukan ini, di harapkan SOP bisa berjalan lebih efektif dan harus lebih bisa menjamin dari semua aspek keamanan dan keselamatan.

“Khusus aspek keselamatan di laut, kami sudah siapkan alat Automatic Identification System (AIS) untuk memantau setiap pergerakan kapal,” ungkap Solikin.

AIS adalah sebuah sistem pelacakan otomatis digunakan pada kapal dan dengan pelayanan lalu lintas kapal (VTS) untuk mengidentifikasi dan menemukan kapal oleh elektronik pertukaran data dengan kapal lain di dekatnya, BTS AIS, dan satelit.

Solikin menjelaskan, dari 57 armada kapal yang disiapkan tersebut, 5 diantaranya sedang melakukan doking atau perawatan di Surabaya sehingga tersisa 52 kapal.

“Untuk melayani para pengguna jasa penyeberangan di lintas Ketapang-Gilimanuk pada angkutan Natal dan Tahun Baru mendatang, ada 32 kapal yang di operasikan,” papar Solikin.

Sedangkan 20 unit lainnya merupakan kapal cadangan dan akan di operasikan jika kondisi penyeberangan sangat padat.

“Kami prediksi, peningkatan penumpang kapal hanya sebesar 2 persen di banding tahun lalu,” kata Solikin.

Selain sarana prasarana di pelabuhan, ASDP juga menyiapkan kantong kantong parkir di dalam mengantisipasi meningkatnya volume kendaraan bermotor yang akan menyeberang ke Pulau Bali maupun sebaliknya.

“Sarana prasarana seluruh armada kapal yang disiapkan ASDP sudah dalam kondisi baik. Kami pastikan, masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2019 bisa berjalan dengan lancar,” pungkas Solikin.

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.