Liburan Imlek, Polisi Perketat Pelabuhan Ketapang

Peristiwa
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Memasuki perayaan Hari Raya Imlek, Kepolisian Polres Banyuwangi memperketat pengamanan di Pelabuhan Ketapang.

Hal ini di lakukan kepolisian, selain melakukan pengamanan di sejumlah Klenteng yang ada di Banyuwangi, yang tengah merayakan Imlek.

Untuk di Pelabuhan Ketapang tersebut, disiagakan puluhan aparat kepolisian dengan memeriksa kartu identitas maupun barang bawaan setiap penumpang kapal saat berada di pintu masuk pelabuhan, baik dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi maupun dari Pelabuhan Gilimanuk Bali.

Kabag Operasi Polres Banyuwangi, Kompol Sumartono mengatakan, pengamanan Imlek ini biasanya di fokuskan di seluruh Klenteng.

“Lintas penyeberangan Ketapang-Gilimanuk juga menjadi prioritas kepolisian, menyusul ini merupakan Obyek Vital Nasional (Obvitnas) yang menjadi jalur perpindahan orang dan barang dari Pulau Jawa ke Bali maupun sebaliknya,” papar Kompol Sumartono.

Dia mengaku, selama perayaan Hari Raya Imlek ini, kepolisian all out melakukan pengamanan di berbagai kegiatan masyarakat termasuk Pelabuhan Ketapang yang dinilai sebagai jalur alternative penyeberangan masyarakat.

“Ini juga merupakan perintah langsung dari pimpinan tertinggi kepolisian untuk bisa menciptakan suasana aman dan nyaman bagi masyarakat selama perayaan Hari Raya Imlek,” ujar Kabag Operasi.

Dia menjelaskan, pengamanan di Pelabuhan Ketapang ini sengaja di perketat guna mengantisipasi adanya penyusupan oknum tertentu di wilayah Pulau Bali maupun Jawa saat perayaan Imlek berlangsung.

“Oleh sebab itu, pemeriksaan terhadap para penumpang kapal secara intensif terus di lakukan aparat kepolisian yang bertugas,” tutur Kompol Sumartono.

Sementara itu dari pantauan di lapangan, volume penumpang kapal di lintas Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk tidak menunjukkan peningkatan yang cukup segnifikan meskipun memasuki masa liburan Hari Raya Imlek.

Kondisi di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi terpantau masih normal dengan didominasi kendaraan truck pengangkut barang yang akan memasok ke pulau Bali.

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.