Amankan Imlek, Polisi Siagakan 600 Personel

Peristiwa
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Sekitar 600 an personel kepolisian Polres Banyuwangi diturunkan untuk pengamanan di seluruh lokasi yang merayakan Hari Raya Imlek 2019.

Khususnya di beberapa Klenteng yang tersebar di sejumlah kecamatan di Banyuwangi. Salah satunya Klenteng Hoo Tong Bio yang ada di kawasan Kelurahan Karangrejo Kecamatan Banyuwangi Kota.

Klenteng Hoo Tong Bio merupakan tempat peribadatan umat Khonghucu yang tertua di Jawa Timur dan Bali, yang di bangun oleh komunitas Tionghoa pada tahun 1784. Klenteng ini memiliki luas 300-400 meter persegi dengan tinggi 9 meter dan bisa menampung hingga 500 umat beribadah.

Dalam perkembangannya, Klenteng Hoo Tong Bio ini menjadi klenteng induk untuk beberapa klenteng yang menyembah Dewa Tan Hu Cin Jin yang tersebar di Besuki, Probolinggo, Jembrana, Tabanan, Kuta dan Lombok.

Kabag Operasi Polres Banyuwangi, Kompol Sumartono mengatakan, khusus pengamanan di Klenteng Hoo Tong Bio ini disiagakan 100 personel kepolisian.

“Termasuk di beberapa Klenteng yang ada di kawasan Kecamatan Rogojampi, Kecamatan Gambiran dan Kecamatan Genteng, tapi dengan jumlah personel yang tidak sebanyak di Klenteng Hoo Tong Bio itu,” ujar Kompol Sumartono.

“Pelibatan aparat kepolisian di dalam pengamanan Imlek ini lebih di fokuskan dari rayonisasi di tambah personel dari Polres Banyuwangi,” imbuhnya.

Sebagai contoh, Klenteng Hoo Tong Bio tersebut masuk dalam wilayah Kecamatan Banyuwangi kota, maka pengamanan aparat kepolisian dimaksimalkan dari Polsek setempat dibantu Polres Banyuwangi.

“Termasuk pasukan Pengendali Masyarakat (Dalmas) dari Satuan Sabhara, Intel dan Reskrim baik pengamanan terbuka maupun tertutup dengan meyakinkan bahwa kegiatan Imlek di berbagai lokasi tersebut bisa di rayakan dengan aman dan nyaman,” papar Kabag Operasi.

Dalam hal ini menurut Kompol Sumartono, semua tempat yang sedang merayakan Imlek, menjadi focus pengamanan pihak kepolisian.

Sementara itu, berbagai persiapan dalam menyambut perayaan Hari Raya Imlek terus di lakukan di Klenteng Hoo Tong Bio Banyuwangi.

Namun untuk di tahun 2019 ini, semarak perayaan Imlek di Banyuwangi akan terasa di bulan Maret mendatang.

Pasalnya, Pemerintah Daerah memasukkan kemeriahan Hari Raya Imlek pada salah satu rangkaian Banyuwangi Festival 2019 yang akan di gelar pada 9 Maret dengan diikuti warga Tionghoa dari Banyuwangi dan luar daerah.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.