Saling Senggol, Lambung KMP Tunu Pratama Jaya 3888 Bocor

Peristiwa
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - KMP Tunu Pratama Jaya 3888 mengalami kebocoran pada lambung kapal, setelah bersenggolan dengan pintu Ramdor KMP Liputan XII di area dermaga LCM Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi.

Selanjutnya, di lakukan perbaikan terhadap lambung kapal KMP Tunu Pratama Jaya 3888 tersebut dengan cara pengelasan yang melibatkan para ABK Kapal. Sementara, kedua kapal itu bersandar di pinggir pantai berjarak kurang lebih 2 KM selatan dermaga LCM.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Wangi Banyuwangi, Agus Winartono mengatakan, awalnya, KMP Tunu Pratama Jaya 3888 yang di nahkodai Mufidul Anam melakukan pemuatan penumpang baik kendaraan bermotor maupun pejalan kaki di dermaga LCM Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, pada Jum’at dini hari (8/2) sekira pukul 00.30 WIB.

Disaat yang bersamaan, datang KMP Liputan XII dari arah Pelabuhan Gilimanuk Bali dan akan bersandar di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi,” ujar Agus.

Seharusnya KMP Liputan XII tersebut di nahkodai Yusuf, namun diduga karena ada satu permasalahan maka digantikan Zainul selaku Mualim 1,” imbuhnya.

Agus menjelaskan, ketika proses pemuatan itulah, di duga KMP Tunu Pratama Jaya 3888 terombang ambing karena terjadi gelombang tinggi. Secara bersamaan, KMP Liputan XII juga terseret sehingga pintu ramdornya menyentuh lambung kapal KMP Tunu Pratama Jaya 3888 yang menyebabkan terjadinya kebocoran.

Karena dikhawatirkan mengganggu keselamatan para pengguna jasa pelayaran, seluruh penumpang yang terlanjur berada didalam kapal di keluarkan kembali dan di pindahkan ke armada kapal lainnya,” kata Agus.

Pasalnya, dikhawatirkan pula armada kapal tersebut tenggelam seiring dengan masuknya air laut ke dalam kapal melalui lambung yang bocor.

Kapal KMP Liputan XII tetap melakukan pembongkaran di dermaga LCM,” ungkap Agus.

Untuk selanjutnya, kedua kapal tersebut di pindahkan ke pinggir pantai sisi selatan dermaga LCM guna dilakukan perbaikan.

Dari hasil pantauan dilapangan, dalam incident ini tidak ada korban jiwa. Dan seluruh penumpang kapal berhasil di evakuasi dengan selamat.

Meskipun terjadi incident ini, tidak sampai mengganggu arus penyeberangan di lintas Ketapang-Gilimanuk.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS