Razia Pelabuhan Ketapang, Polisi Amankan Satwa Dilindungi Yang Diawetkan

Peristiwa
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Dari razia yang di gelar Polres Banyuwangi di area Pelabuhan Ketapang, aparat kepolisian berhasil menemukan 3 jenis hewan yang sudah di awetkan di dalam mobil  yang di kendarai oleh seorang calon penumpang kapal yang mengaku sebagai PNS.

Hewan tersebut adalah Macan Tutul, Macan Rembang, Burung Cendrawasih dan Ular Kobra yang diangkut mobil box bernopol W 8506 NC yang di kemudikan oleh Ngurah Wijaya, yang mengaku seorang ASN pada Pengadilan Negeri Surabaya sebagai Panitera Eksekusi.

Sedianya, hewan hewan yang sudah diawetkan tersebut di bawa dari Surabaya menuju ke Bali untuk di ikutsertakan dalam sebuah pameran.

Sementara, menurut keterangan Kepala RKW 14 BKSDA Banyuwangi, Vivi Primayanti yang ikut dalam razia pada Minggu dini hari (10/2) tersebut, hewan hewan yang sudah di awetkan itu tergolong satwa yang di liundungi oleh undang undang.

“Sehingga tidak boleh di angkut dalam keadaan hidup ataupun dalam keadaan mati tanpa dokumen yang benar dan sah,” ujar Vivi.

Sementara, dokumen yang di bawa oleh pemilik satwa tersebut di nilai tidak di lengkapi dengan seperangkat perizinan sesuai Peraturan Pemerintah nomor 7 tahun 1999 sebagai pelaksana UU nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Kapolres Banyuwangi, AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi yang memimpin langsung jalannya razia tersebut mengatakan, kepolisian segera berkoordinasi dengan pihak BKSDA mengenai aturan yang harus di lengkapi saat membawa satwa dilindungi dalam keadaan hidup maupun mati.

“Razia ini di laksanakan kepolisian dalam rangka mengantisipasi adanya terror pembakaran kendaraan bermotor yang sudah terjadi di beberapa daerah,” tutur Kapolres.

“Setiap kendaraan bermotor yang akan menyeberang ke bali di lakukan pemeriksaan kelengkapan surat suratnya,” imbuhnya.

Menurut Kapolres, kegiatan serupa di laksanakan serentak di seluruh polsek jajaran, guna mempersempit ruang gerak para pelaku kejahatan yang berniat akan membuat kerusuhan dengan melakukan terror pembakaran kendaraan bermotor tersebut.

Dari razia sebagai upaya pencegahan ini, kepolisian belum menemukan adanya kendaraan bermotor yang dinilai mencurigakan.

Hanya di temukan beberapa ekor satwa dilindungi dalam kondisi sudah di awetkan tersebut, yang kini masih di tangani pihak BKSDA.

 

 

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.