Diduga Konsleting Listrik, Gudang Mebel Ludes Terbakar

Peristiwa
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Gudang mebel 786 di kawasan Jalan Batur Lingkungan Singodipuro I RT 04 RW 03 Kelurahan Singotrunan Banyuwangi ludes terbakar, Selasa dini hari (12/2) di duga konsleting listrik.

Peristiwa yang terjadi sekira pukul 00.30 WIB tersebut menghanguskan seluruh isi di dalam gudang, yang merupakan material pembuatan kursi maupun peralatan mebel lainnya. Seperti kayu, spon dan sebagainya.

Gudang tersebut milik Ayub Khan yang di sewa sejak tahun 1991 pada keluarga Sayu Pupah, yang dalam kesehariannya di gunakan untuk menyimpan material mebel sekaligus dijadikan khusus tempat pembuatan kursi. Sedangkan untuk pembuatan mebel lainnya seperti meja dan almari, di gudang lainnya yang berada kurang lebih 1 kilometer sisi timur.

Mebel 786 milik Ayub Khan itu sendiri ada di kawasan Jalan Basuki Rahmat atau utara perempatan lateng, dan di mebel yang ada di utara perempatan Sukowidi.

Sementara itu, hanya dalam rentan waktu beberapa menit api cepat membakar seluruh isi gudang hingga ludes tanpa sisa. Sebanyak 3 unit mobil pemadam kebakaran turun ke lokasi untuk memadamkan si jago merah. Namun upaya ini berlangsung cukup lama karena jalanan menuju ke lokasi menyempit di akibatkan banyaknya kendaraan sepeda motor warga yang terparkir, untuk melihat kondisi gudang yang terbakar.

Ketua RT 03 RW 03 Lingkungan I Singodipuro Kelurahan Singotrunan, Karnoto mengatakan, awalnya dirinya mendengar ada suara ledakan sebanyak 3 kali dari arah gudang mebel tersebut.

Sementara, rumah laki laki berusia 75 tahun tersebut berada tepat di belakang gudang.

“Saya langsung berlari ke jalan dan melihat api sudah membesar di bagian depan gudang, lalu merembet ke seluruh ruangan,” ujar Karnoto.

“Saya langsung kembali berlari ke rumah saya menyelamatkan beberapa barang berharga karena khawatir ikut terbakar, seperti sertifikat,” imbuhnya.

Dari pantauan di lokasi, tepat di sisi timur gudang mebel tersebut berdiri tiang induk listrik berukuran cukup besar.

“Kebakaran ini kemungkinan disebabkan karena konsleting listrik,” pungkas Karnoto.

Salah satu karyawan gudang mebel 786, Lukman Hakim mengaku tidak mengetahui secara pasti penyebab dari kebakaran tersebut.

“Karena saat pulang kerja seluruh material di dalam gudang dalam kondisi baik dan tidak ada titik api atau bekas puntung rokok,” papar laki laki yang sudah 15 tahun bekerja di mebel milik Ayub Khan tersebut.

Dan diakuinya, dalam keseharian gudang itu khusus untuk penyimpanan dan pembuatan mebel kursi.

“Saya tidak mengetahui besaran kerugian yang di derita oleh saya itu,” pungkas Lukman.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.