Jelang Pemilu, Forkompinda Banyuwangi Cek TPS di Daerah Terpencil

Peristiwa
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Didalam mensukseskan Pemilu 2019, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Banyuwangi mulai turun dan mengecek lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) di desa terpencil. Hal ini dilakukan agar pesta demokrasi serentak ini bisa berjalan lancar tanpa kendala.

Kapolres Banyuwangi, AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi dan Dandim 0825 Banyuwangi, Letkol (inf) Ruli Nuryanto melakukan kunjungan ke Dusun Sukamade, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran.

Karena sulitnya medan, rombongan terpaksa menggunakan rakit dan motor trail. Tidak hanya itu, jalan yang dilalui bebatuan dan perbukitan sehingga sesekali mereka terpaksa berhenti karena medan yang sulit. 

Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansah Zeinardi mengatakan, lokasi yang dikunjungi medannya dinilai cukup berat. Yakni melewati hutan dan batu batu besar.

Di lokasi setempat terdapat 3 TPS,” ujarnya.

Kapolres mengaku, di sepanjang jalan yang di lalui hanya bisa di lewati dengan menggunakan kendaraan roda dua, dengan jarak tempuh sekitar 2 jam dari Kantor Kecamatan Pesanggaran.

Dusun Sukomade ini berada di sekitar 80 kilometer dari pusat kota Banyuwangi. Untuk sampai di Dusun ini harus menyeberangi 3 sungai dan jalan yang terjal.

Selain TPS yang berada di Desa Sarongan, rombongan juga melihat lokasi TPS di Desa/ Kecamatan Siliragung dan Desa Segobang, Kecamatan Licin.

Pengecekan lokasi TPS ini untuk mengetahui sejauh mana kesiapan Panitia Pemungutan Suara (PPS) menjelang Pemilu pada 17 April mendatang,” ungkap Kapolres.

Selama mengecek TPS ini, kami juga mengajak petugas Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat,” imbuhnya.

Kapolres mengaku telah mengapelkan 764 personel Polri yang bertugas Pam TPS untuk mengecek lokasi TPS masing-masing.

Saya ingin pastikan kesiapan personel kepolisian termasuk semua persiapan lainnya dan kendala yang terjadi di lapangan selama pelaksanaan Pemilu, mulai dari signal komunikasi, sarana dan fasilitas lainnya demi suksesnya Pemilu,” papar Kapolres.

Saat ini, lanjut Kapolres Taufik, kondisi keamanan menjelang pemilu dinilai cukup kondusif. Hal itu terlihat, dari kesiapan penyelenggara pemilu mulai dari KPU, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), PPS dan Panwas serta Forum pimpinan Kecamatan (Forpimka) juga perangkat desa yang terpantau masih kompak dalam mengecek kesiapan Pemilu.

“Kami akan terus lakukan pemantauan menjelang Pemilu, saat pencoblosan hingga pasca Pemilu,” pungkas Kapolres.

Sementara itu secara terpisah, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan saat ini Banyuwangi fokus melakukan pendataan TPS yang sulit dijangkau.

Prioritas ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian pemerintah untuk mewujudkan pesta demokrasi yang adil dan merata,” tutur Bupati Anas.

“Diharapkan pemilu tahun 2019 yang sudah ada di depan mata dapat berjalan dengan aman, lancar dan kondusif,” tuturnya.

Bupati Anas menambahkan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan seluruh pihak agar pengamanan pemilu terwujud dengan baik.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.