Kepolisian Banyuwangi Mulai di Geser ke TPS, Amankan Pemilu

Peristiwa
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Sebanyak 794 aparat kepolisian Polres Banyuwangi disiagakan di 5120 TPS selama pelaksanaan Pemilu serentak 2019, dengan dibantu 100 personel Brimob Polda Bali.

Ratusan aparat Brimob dari Pulau Dewata tersebut di tempatkan di 3 lokasi di Banyuwangi yaitu di kawasan Kecamatan Genteng, Muncar dan Kecamatan Banyuwangi Kota.

Dan seluruh personel tersebut menjalani apel pergeseran Pasukan Pengamanan TPS Pemilu 2019 di Mapolres Banyuwangi, Senin (15/04/2019) untuk langsung di tempatkan di masing masing wilayah TPS sesuai penempatan, yang tersebar di 25 Kecamatan se Banyuwangi.

Kapolres Banyuwangi, AKBP Taufiq Herdiansyah Zeinardi yang memimpin langsung jalannya kegiatan tersebut mengatakan, seluruh personel tersebut melakukan pengamanan di TPS mulai dari hari tenang seperti saat ini, pelaksanaan pencoblosan hingga penghitungan suara.

“Mereka di haruskan mengetahui setiap aturan main sebagai petugas keamanan yang perlu di lakukan. Misalnya, tidak boleh masuk ke dalam TPS jika tidak ada permintaan dari petugas, serta mereka harus bersikap netral sesuai UU yang ada,” papar Kapolres.

Dia menjelaskan, selain itu, mereka juga dilarang untuk mengambil gambar atau memfoto hasil penghitungan suara karena sudah ada petugasnya sendiri.

“Aparat kepolisian hanya bertugas mengamankan saja,” kata Kapolres.

“Jika itu dilanggar,  maka akan ada sangsi tegas mulai dari ringan hingga terberat,” imbuhnya.

Kapolres memaparkan, setiap aparat kepolisian di wajibkan mengetahui tingkat kerawanan dari wilayah TPS yang di jaganya dengan berkoordinasi pada para petugas lainnya. Sehingga apabila terjadi hal hal yang tidak diinginkan, mereka bisa segera melakukan penanganan.

Oleh sebab itu, jumlah personel yang melakukan pengamanan TPS tergantung dari tingkat kerawanannya.

“Ada yang 1 personel kepolisian menjaga 1 TPS. Ada pula 1 personel menjaga 2 hingga 5 TPS,” ujar Kapolres.

Sementara itu, dari 5.120 TPS di Banyuwangi yang disiapkan untuk pelaksanaan Pemilu 2019 tersebut, 205 TPS dinilai rawan dan 7 TPS yang sangat rawan. Sedangkan 4.908 TPS lainnya kurang rawan.

Dan untuk pengamanan Pemilu di Banyuwangi ini disiagakan 11.536 personel gabungan. Yang terbagi dalam 1.296 aparat kepolisian dan TNI, serta 10.240 anggota linmas dan Satpol PP.

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.