Cegah Kriminalitas Laut Saat Pemilu, TNI AL Awasi Selat Bali

Peristiwa
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Guna mengantisipasi adanya aksi kriminalitas di laut, Pangkalan TNI AL Banyuwangi memperketat pengawasan di perairan Selat Bali menjelang maupun disaat hingga setelah pelaksanaan Pemilu serentak 2019.

Pasalnya, sebelum pelaksanaan dan setelah pelaksanaan Pemilu ini terpantau banyak masyarakat Pulau Jawa yang selama ini bekerja di Pulau Bali pulang ke kampung halamannya untuk memberikan hak suara mereka.

Peningkatan penumpang kapal di lintas Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk inilah, yang menjadi sorotan Pangkalan TNI AL Banyuwangi untuk meningkatkan intensitas patroli.

Danlanal Banyuwangi, Letkol Laut (p) Yulius Azis Zaenal mengatakan, dengan meningkatnya volume penumpang kapal dilintas Jawa-Bali ini, di harapkan petugas yang ada dilapangan melakukan pemeriksaan di pintu masuk dan pintu keluar Pelabuhan Ketapang maupun Gilimanuk Bali, guna menghindari adanya bahan peledak ataupun minuman keras dan narkoba yang kemungkinan di bawa oleh para pengguna jasa penyeberangan.

“Aparat TNI AL melakukan sweeping di laut dengan menyusuri sepanjang perairan selat bali menggunakan Alutsista yang ada seperti kapal Patkamla juga KAL,” ungkap Danlanal.

“Juga disiagakan kapal KRI Karang Pilang di selat bali untuk menjaga pengamanan selama pelaksanaan Pemilu serentak 2019,” tuturnya.

Danlanal menjelaskan, Lanal Banyuwangi sendiri dibawah Koarmada 2 Surabaya dan peningkatan intensitas patroli menjelang Pemilu ini merupakan perintah langsung dari pimpinan.

Sementara itu, patroli perairan selat Bali ini dilaksanakan aparat TNI AL selama 24 jam dengan personel yang bergantian. Bahkan, setiap pergerakan kapal kecil maupun besar yang melakukan pelayaran juga menjadi perhatian dari TNI AL.

“Ini untuk jaga kemungkinan adanya oknum tertentu yang melakukan penyusupan dari Jawa ke Bali maupun sebaliknya, yang bertujuan untuk membuat kerusuhan saat pelaksanaan Pemilu,” pungkas Danlanal.

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.