Saat Coblosan, Kantor Samsat Banyuwangi Libur 2 Hari

Peristiwa
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Pelayanan pembayaran pajak kendaran bermotor di Kantor Samsat Banyuwangi libur selama 2 hari, bersamaan dengan masa Pemilu serentak 2019. Baik untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor 5 tahunan maupun untuk perpanjangan.

Kaur Reg Ident (KRI) Satlantas Polres Banyuwangi, Iptu Budi Hermawan mengatakan, dalam rangka masa Pemilu serentak 2019 ini, pelayanan di kantor Samsat Banyuwangi libur pada tanggal 17 dan 19 April. Sementara, pelayanan di buka kembali pada tanggal 18 dan 20 April.

“Jadi, bagi masyarakat yang pajak kendaraan bermotornya mati pada tanggal 17 April, maka bisa di bayarkan pada tanggal 18 April,” kata KRI.

“Sedangkan yang habis masa berlakunya pada tanggal 19 April bisa di perpanjang pada 20 April,” imbuhnya.

Iptu Budi menjelaskan, jika masyarakat membayarkan pajak kendaraan bermotor yang telah habis masa berlakunya di luar ketentuan tersebut, maka hal itu termasuk dalam pembayaran denda.

“Misalnya, pajak kendaraan bermotornya yang mati pada tanggal 17 April tapi di bayarkan pada tanggal 20 April,” ungkap Iptu Budi.

Bersamaan dengan masa Pemilu serentak ini, pelayanan SIM di Mapolres Banyuwangi juga libur selama 4 hari yakni mulai tanggal 17 hingga 20 April 2019. Dan dibuka kembali pada 22 hingga 27 April 2019.

“Pelayanan pajak kendaraan bermotor di kantor Samsat berbeda dengan pelayanan SIM di Mapolres Banyuwangi,” kata KRI.

Hal itu disebabkan karena di kantor Samsat melibatkan 3 instansi didalam melakukan pelayanan, seperti Dinas Pendapatan Daerah, Jasa Raharja dan Kepolisian. Sedangkan pelayanan SIM di Mapolres Banyuwangi merupakan satuan internal kepolisian sendiri, yakni Satlantas.

“Ini adalah kebijakan dari masing masing institusi di dalam memberikan pelayanan,” tutur Iptu Budi.

Sehingga bagi yang pajak kendaraan bermotornya mati di saat jadwal hari libur, bisa membayar di esok harinya. Sedangkan untuk masa berlaku SIM yang habis pada rentan waktu pelayanan libur, bisa diperpanjang 1 minggu ke depan sesuai ketentuan yang ada.

Lebih lanjut Iptu Budi Hermawan menghimbau kepada masyarakat agar memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin dengan melaksanakan berbagai pedoman ketentuan di masing masing pelayanan.

“Jangan sampai masyarakat melewati batas ketentuan itu supaya tidak dikenakan denda,” pungkas KRI.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.