Pemilu Serentak, Pelayanan SIM di Polres Banyuwangi Libur. Inilah Jadwalnya.

Peristiwa
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Pada rentang masa Pemilu serentak 2019, pelayanan Surat Ijin Mengemudi (SIM) di Mapolres Banyuwangi libur selama 4 hari. Yaitu tanggal 17, 18, 19 dan 20 April 2019.

Kasat Lantas Polres Banyuwangi, AKP Prianggo Parlindungan Malau mengatakan, bagi masyarakat pemilik SIM yang habis masa berlakunya di ke 4 tanggal tersebut bisa memperpanjang pada tanggal 22 hingga 27 April 2019 dengan mekanisme perpanjangan SIM.

“Artinya tidak melalui proses pembuatan SIM baru, seperti melewati ujian praktek maupun ujian teori meskipun SIM mereka sudah tidak berlaku lagi,” ujar Kasat Lantas.

Hal itu merupakan keputusan pemerintah dalam hal ini Kepolisian RI berdasarkan ST Kapolda Jatim nomor RT/081/IV/YAN.1/2019.

Kasat Lantas menjelaskan, jika pemilik SIM masa berlakunya habis pada tanggal 17 hingga 20 April namun tidak memperpanjang di tanggal 22 hingga 27 April, maka harus mengikuti prosedur permohonan SIM baru dengan mengikuti ujian teori dan ujian praktek sesuai prosedur mekanisme seperti yang tertuang dalam Perkap nomor 9 tahun 2012 tentang Surat Ijin Mengemudi (SIM).

“Kami sudah lakukan sosialisasi melalui berbagai media social termasuk media lainnya terkait dengan pengumuman liburnya pelayanan SIM di saat masa Pemilu serentak 2019 ini,” papar AKP Prianggo.

“Surat edaran pun sudah di teruskan kepada seluruh satuan kerja yang di harapkan sudah tersampaikan kepada masyarakat di sisa waktu beberapa hari ke depan ini, sebelum tanggal 17 April 2019 saat pencoblosan Pemilu,” pungkasnya.

Sementara itu, pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Mapolres Banyuwangi libur hanya pada tanggal 17 April 2019, saat pelaksanaan Pemilu serentak. Dan pelayanan baru di buka kembali pada Senin, 22 April 2019.

Selama rentan waktu libur pelayanan tersebut, masyarakat masih bisa melakukan perpanjangan SKCK mulai tanggal 15 hingga 22 April 2019 dan bukan membuat SKCK baru.

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS