Pemilu ini, ODGJ di Banyuwangi Tidak Nyoblos

Peristiwa
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang menghuni Puskesmas Licin Banyuwangi Dengan Unggulan Pelayanan Jiwa, tidak ikut dalam memberikan hak suaranya pada Pemilu serentak kemarin karena terkendala kondisi mereka.

Tercatat ada 6 orang yang menempati ruangan stabil serta 3 orang yang menghuni ruangan isolasi, dengan kondisi mengalami gaduh gelisah atau gangguan jiwa berat yang agresif dan di nilai bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain, sehingga mereka di tempatkan di masing masing ruangan yang dilengkapi dengan kamar mandi.

Sedangkan yang menempati ruangan stabil tersebut adalah mereka yang mengalami ganguan jiwa ringan, seperti tidak bisa tidur ataupun diam tidak mau berbicara.

Kepala Puskesmas Licin Banyuwangi, Nira Sita Dewi mengatakan, untuk 6 orang penghuni ruangan stabil ini sengaja tidak ikut dalam pencoblosan karena kondisinya dinilai belum layak, seperti berbicaranya terkadang masih tidak nyambung sehingga di khawatirkan justru akan merusak kertas suara yang di berikan petugas.

“Para penghuni ruangan isolasi murni tidak bisa diajak berkomunikasi, sehingga dipastikan tidak bisa ikut serta sebagai peserta pemilu,” tutur Nira.

Mereka bukan warga Banyuwangi saja, namun ada yang berasal dari Situbondo, Bondowoso dan beberapa kota lainnya.

Meski demikian Nira mengaku belum bisa memastikan, apakah mereka sudah tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) ataukah tidak.

“Karena dari keluarganya sendiri tidak pernah berkoodinasi dengan pihaknya mengenai hal itu,” tutur Nira.

Dia juga mengaku tidak bisa memastikan batas waktu untuk pemulihan para pasien yang mengalami gangguan jiwa ringan maupun berat tersebut. Pasalnya, setiap orang memiliki Stresor yang berbeda beda. Ada yang sudah menumpuk ataupun yang sudah banyak.

Stresor adalah pengalaman atau situasi yang penuh dengan tekanan. Stresor meningkatkan risiko penyakit saat hal-hal tersebut benar-benar mengganggu kehidupan seseorang, tidak dapat dikendalikan, atau jika hal-hal tersebut kronis.

Justru bagi pasien yang datang dalam keadaan gaduh gelisah atau gangguan jiwa berat, akan lebih cepat stabil dan pulih dengan di tempatkan ruang isolasi untuk berekspresi,” papar Nira.

Namun apabila yang datang dalam kondisi diam, itu justru akan lebih lama sembuhnya.

Sementara itu, Puskesmas Licin Banyuwangi dengan Unggulan Pelayanan Jiwa telah menyiapkan puluhan ruangan untuk perawatan Caleg maupun tim sukses yang kemungkinan mengalami depresi setelah tidak terpilih dalam Pemilu.

Disini, disiapkan 21 ruangan dengan 21 tempat tidur yang terbagi dalam 6 ruangan isolasi dan 15 ruangan stabil. Di masing masing ruangan isolasi tersebut di lengkapi 1 tempat tidur dan 1 kamar mandi, yang di khususkan bagi pasien yang mengalami gaduh gelisah atau gangguan jiwa berat yang agresif sehingga bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

Sedangkan ruangan stabil adalah untuk pasien dengan ganguan jiwa ringan, yang juga di lengkapi dengan kamar mandi dan tempat tidur namun berada di dalam satu ruangan.

 

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.