Pemudik Nyaman, Kapolres : Sopir, Nahkoda Kapal dan Pilot di Tes Urine

Peristiwa
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Untuk memastikan kondisi kesehatan para awak transportasi menjelang masa angkutan lebaran 2019, kepolisian segera melakukan tes urine kepada sopir angkutan umum, nahkoda kapal maupun pilot penerbangan di Bandara Banyuwangi.

Kegiatan ini sebagai upaya untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pemudik saat melakukan perjalanan pulang kampung.

Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi mengatakan, ada beberapa tahapan operasi yang sudah di laksanakan oleh kepolisian.

“Diawali dengan Operasi Simpatik Semeru pada 29 April hingga 12 Mei 2019, dengan sasaran para pelanggar lalu lintas yang tidak melengkapi surat surat kendaraan bermotornya maupun pelanggaran lainnya,” ujar Kapolres.

Dalam waktu dekat, di lanjutkan dengan Operasi Pekat Semeru dengan sasaran penyakit masyarakat serta para pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas), pencurian dengan pemberatan (Curat) dan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).

“Saat menjelang Lebaran di mungkinkan aksi kejahatan akan terus meningkat karena permasalahan perekonomian,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, kepolisian melakukan berbagai langkah antisipasi untuk mempersempit gerak para pelaku kejahatan, dengan menggelar berbagai operasi tersebut.

Kapolres menjelaskan, tahapan selanjutnya di gelar Operasi Ketupat Semeru 2019 yang rencananya mulai digelar pada 30 Mei 2019 mendatang.

“Pada operasi inilah, kepolisian melakukan tes urine kepada para sopir bus di Terminal Brawijaya maupun Terminal Sritanjung Banyuwangi,” tutur Kapolres.

Bahkan juga di kembangkan kepada para sopir bus antar kota di Pelabuhan Ketapang, saat menunggu antrian masuk ke dalam kapal.

Kapolres mengaku, tes urine ini juga dilakukan terhadap para Nahkoda Kapal di lintas Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk.

Ini sebagai upaya untuk mengantisipasi adanya nahkoda kapal yang menggunakan narkoba saat mengoperasikan armada kapal di masa angkutan lebaran. Tidak menutup kemungkinan, tes urine juga akan di lakukan pada para pilot penerbangan di Bandara Banyuwangi.

“Meski demikian, kepolisian terlebih dahulu berkoordinasi dengan Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Banyuwangi,” ungkap Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, tes urine ini dilakukan secara bertahap agar kesehatan para awak transportasi tersebut tetap terjaga, sehingga para pemudik bisa sampai di kampung halamannya dengan selamat.

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.