Peringati Hari Bhayangkara ke 73, Polres Banyuwangi Berikan SIM Gratis Bagi Yang Lahir 1 Juli

Peristiwa
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke 73, Satuan Lalu Lintas Polres Banyuwangi memberikan Surat Ijin Mengemudi (SIM) baru dan perpanjangan secara gratis bagi masyarakat yang lahir pada tanggal 1 Juli.

Kebijakan ini di berikan secara khusus hanya pada tanggal 1 Juli 2019.

Kasat Lantas Polres Banyuwangi AKP Prianggo Parlindungan Malau melalui Kanit Regident, Iptu Budi Hermawan mengatakan, untuk perpanjangan SIM hanya menyerahkan surat keterangan sehat dari dokter yang di tunjuk serta menunjukkan SIM yang masih hidup.

“Tentu juga di sertakan bukti foto copy KTP untuk memastikan kebenaran tanggal lahirnya,” ujar Iptu Budi.

“Untuk pemohon SIM baru, tetap harus melalui beberapa tahapan selain menyerahkan surat keterangan sehat dan foto copy KTP,” imbuhnya.

Iptu Budi menjelaskan, tahapan tersebut meliputi ujian teori dan ujian praktek. Jika kedua ujian tersebut dinyatakan lulus, maka si pemohon akan di berikan SIM baru.

“Ujian itu sebagai persyaratan mutlak bagi para pemohon SIM, karena menjadi legalitas bagi seseorang yang dinilai layak mengendarai kendaraan bermotor,” ungkap Iptu Budi.

Namun apabila si pemohon tidak lulus setelah menjalani serangkaian tahap ujian tersebut kata Iptu Budi, maka tidak bisa mendapatkan SIM baru. Untuk itu, sebelum mengikuti ujian, masyarakat atau calon pemohon bisa melakukan latihan terlebih dahulu di halaman Mapolres Banyuwangi yang telah di sediakan. Sehingga disaat menjalani ujian, mereka tidak mengalami kendala dan bisa mendapatkan SIM gratis.

“Bagi pemohon perpanjangan SIM harus membawa SIM yang masih hidup. Tapi kalau SIM nya sudah mati, maka harus menjalani berbagai prosedur seperti permohonan SIM baru,” papar Iptu Budi.

Kebijakan pemberian SIM baru dan perpanjangan SIM secara gratis oleh Polres Banyuwangi ini di berlakukan untuk biaya pembuatannya. Sedangkan untuk pemeriksaan kesehatannya tetap di kenakan biaya.

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS