Sembelih 9 Sapi, Polres Banyuwangi Bagikan Daging Hewan Kurban Gunakan Besek

Peristiwa
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Guna mendukung program pemerintah dalam pengurangan sampah plastic, Polres Banyuwangi menggunakan besek untuk membungkus daging hewan kurban yang di bagikan.

Besek merupakan tempat yang terbuat dari anyaman bambu berbentuk kotak. Biasanya, besek ini digunakan untuk membungkus tape.

Kapolres Banyuwangi AKBP Taufiq Herdiansyah Zeinardi mengatakan, hal ini di lakukan pihaknya sebagai upaya untuk menggantikan kantong plastic karena besek dinilai lebih ramah lingkungan.

“Ini juga sebagai upaya didalam mendukung program pemerintah terhadap pengurangan sampah plastic,” ungkap AKBP Taufiq.

“Kami ingin jadi bagian langsung dalam mengurangi penggunakan pembungkus berbahan plastic, utamanya di wilayah Banyuwangi. Sehingga tidak semakin menambah jumlah sampah plastic,” paparnya.

Selain itu kata Kapolres, penggunaan besek untuk pembungkus daging ini dinilainya lebih praktis dan rapi.

Sementara untuk menjaga kesegaran daging, di dalam besek juga di lapisi dengan daun jati yang sudah sejak dulu memang digunakan oleh masyarakat untuk membungkus daging. Pada perayaan Hari Raya Idul Adha tahun ini, Minggu (11/8/2019), Polres Banyuwangi menyembelih 9 ekor sapi dan 13 ekor kambing.

Untuk penyembelihan sapi di laksanakan di Mapolres Banyuwangi. Sedangkan penyembelihan kambing di serahkan ke beberapa panti asuhan dan masjid.

“Dari 9 ekor sapi tersebut di kemas dalam 1000 besek untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar,” pungkas Kapolres.

Sementara, usai penyembelihan hewan kurban, ratusan warga sekitar berduyun duyun mendatangi Mapolres Banyuwangi untuk menggambil daging yang sudah di kemas dalam besek.

Bahkan, Kapolres AKBP Taufiq Herdiansyah Zeinardi menyerahkan langsung kepada beberapa orang warga yang telihat sumringah.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS