BKSDA Amankan Ratusan Kulit Ular di Bandara Banyuwangi

Peristiwa
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Pengiriman ratusan kulit ular ke luar negeri melalui Bandara International Banyuwangi berhasil di gagalkan oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur.

Tercatat ada 142 lembar kulit ular yang semuanya adalah jenis Sanca Kembang dengan panjang masing masing mencapai 5 meteran lebih.

Kejadian ini berawal dari kecurigaan petugas terhadap 3 tas besar yang di bawa oleh 2 warga negara asing. Saat dimasukkan ke dalam mesin X Ray Avsec ketiga tas tersebut sinarnya berbeda.

Kepala Resort Konservasi Wilayah (RKW) 14 Banyuwangi, Vivi Primayanti mengatakan, setelah dibuka, seluruh tas itu berisi ratusan lembar kulit ular yang sudah di keringkan sehingga langsung diamankan oleh kargo Angkasa Pura II Bandara International Banyuwangi bersama pihaknya.

Sementara, 2 tas berisikan lembaran kulit ular kering yang masih asli, sedangkan 1 tas lainnya berisi lembaran kulit ular yang sudah di produksi dan siap untuk di jadikan berbagai macam barang koleksi seperti sepatu, tas, maupun dompet dan lainnya.

“Ular jenis sanca kembang ini bukan satwa yang di lindungi tapi termasuk dalam daftar Apendiks Cities, yaitu satwa liar yang belum terancam punah namun akan menjadi terancam punah apabila perdagangannya tidak terkontrol,” papar Vivi.

“Sebab itu, untuk mengontrolnya harus menggunakan surat angkut atau dokumen,” imbuhnya.

Menurut Vivi, jika tidak di control maka pengambilannya di alam akan dilakukan secara brutal yang mengakibatkan satwa ini punah.

“Ratusan lembar kulit ular kering itu akan di kirim ke Turki melalui bandara Banyuwangi dan Jakarta. Pemiliknya ngaku mendapatkan barang itu dari seorang pelaku usaha di Denpasar Bali,” ujar Vivi.

Meski demikian, untuk pemiliknya tidak dilakukan penahanan dan di persilahkan untuk melanjutkan penerbangan.

“Sedangkan barangnya dilakukan penyitaan karena tidak dilengkapi dokumen,” pungkas vivi.

Kini, seluruh barang bukti ratusan lembar kulit ular kering tersebut diamankan di Kantor BBKSDA Jawa Timur Seksi Konservasi Wilayah V Banyuwangi.

Sebelumnya, BBKSDA Jawa Timur juga menggagalkan pengiriman 517 lembar kulit biawak tanpa dokumen di Bandara International Banyuwangi, yang akan di kirim ke Cileungsi, Bogor melalui jasa pengiriman paket.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS