Tersangkut Jaring, Seekor Penyu Ditemukan Mati di Pantai Cacalan Banyuwangi

Peristiwa
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Seekor penyu dalam kondisi sudah mati di temukan warga terdampar di pinggir Pantai Cacalan Kelurahan Klatak Kecamatan Kalipuro Banyuwangi, Rabu (14/8/2019).

Penyu tersebut jenis sisik berukuran panjang 50 centimeter dan lebar 47 centimeter. Kontan saja, penemuan satwa di lindungi ini menyedot perhatian para pengunjung di pantai yang berada di kawasan pusat kota Banyuwangi tersebut.

Petugas Masyarakat Mitra Polhut (MMP) Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur di Banyuwangi, Ardys Tensandi mengatakan, berdasarkan hasil penelurusan pihaknya, penyebab kematian penyu tersebut di duga diakibatkan karena terkena jaring nelayan.

“Dari keterangan warga, awalnya ada 2 ekor penyu yang tersangkut jaring nelayan lalu di evakuasi ke pinggir pantai,” ungkap Ardys.

“Satu ekor penyu dalam kondisi sehat lalu di lepaskan kembali ke tengah laut,” tuturnya.

Sedangkan satu ekor lainnya dalam kondisi lemas sehingga masyarakat mengevakuasinya ke daratan. Namun rupanya kata Ardys, selang beberapa lama, justru penyu tersebut mati.

“Area Pantai Cacalan ini merupakan salah satu kawasan tempat bertelurnya penyu. Tapi yang terbanyak adalah jenis penyu lekang,” papar Ardys.

“Makanya saya heran, koq ada penyu sisik di sini,” pungkasnya.

Sementara itu, puluhan warga setempat mengamankan terlebih dahulu penyu yang mati tersebut sambil menunggu petugas dari BBKSDA.

Dan setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas, penyu itupun di kubur di area Pantai cacalan.

 

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS