Misi Kemanusiaan, KRI Bima Suci Bawa Ratusan Taruna AAL ke Banyuwangi

Peristiwa
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Setelah menyelesaikan misi diplomasi ke 9 negara, Kapal Republik Indonesia (KRI) Bima Suci singgah ke Banyuwangi dengan membawa 103 Taruna Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL).

KRI Bima Suci yang memiliki panjang kapal 111.20 meter, lebar 13,65 meter, kedalaman lambung 5 meter dan tinggi layar 49 meter tersebut bersandar di pelabuhan Tanjung Wangi, Sabtu (09/11/2019).

Misi diplomasi KRI Bima Suci ini dilaksanakan sejak 5 Agustus 2019 lalu, membawa sebanyak 103 Taruna Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) yang tergabung dalam satuan tugas Kartika Jala Krida 2019 melakukan pelayaran ke 9 negara selama 96 hari.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banyuwangi, Letkol Laut (P) Yulius Azz Zaenal mengatakan, mereka telah melakukan kunjungan ke 9 negara. Diantaranya Filipina, Jepang, Korea, Cina, Brunei Darussalam, Thailand, Malaysia, Myanmar, dan Australia. Baru setelah Australia ke Banyuwangi. 

Saat di Banyuwangi, ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh para Taruna AAL,” ungkap Danlanal.

Setelah menyelesaikan misi pelayaran dan bersandar di Banyuwangi, mereka akan melakukan kirab Genderang Suling sejauh 2 kilometer dari kantor Bupati Banyuwangi di Jalan Ahmad Yani menuju Pendopo Shaba Swagata Blambangan,” paparnya.

Danlanal menjelaskan, dalam kirab ini ditampilkan sejumlah atraksi serta penampilan ratusan siswa dengan baju etnik. Selanjutnya, pada tanggal 10 November para taruna akan mengikuti upacara Hari Pahlawan di Lapangan Blambangan Banyuwangi. Setelah itu dilakukan tabur bunga di Dermaga Tanjung Wangi sebagai penghormatan kepada para pahlawan yang gugur memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Tabur bunga dilakukan di laut dari atas KRI Bima Ruci. Setelah itu, rombongan KRI Bima Suci berwisata ke Wisata Jopuro, Kampung Sidat binaan TNI AL,” tutur Danlanal.

Baru pada hari Senin, rombongan KRI Bima Suci akan bertolak dari Dermaga Tanjung Wangi menuju ke Surabaya. Pelepasan KRI Bima Suci akan dipimpin langsung oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. 

Dikonfirmasi terpisah, Bupati Anas mengajak masyarakat untuk menyambut dan menyaksikan salah satu kehebatan TNI AL sebagai pilar penjaga kedaulatan laut Indonesia dan komponen penting untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. 

Ini merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk melihat secara langsung bagaimana TNI AL,” kata Bupati Anas.

“Sekaligus ini bisa menjadi bagian dari transformasi spirit nasionalisme dan profesionalisme TNI AL bagi anak-anak muda Banyuwangi,” pungkasnya.

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS