Cegah Kriminal Tahun Baru di Laut, TNI AL Siagakan Personel Selam dan KRI

Peristiwa
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Dalam rangka mengantisipasi terjadinya aksi kriminalitas di laut selama perayaan Tahun baru 2020, pangkalan TNI AL Banyuwangi menyiagakan kapal perang dan petugas selam di perairan Selat Bali.

Kapal perang yang bersiaga adalah KRI Tombak di bawah komando Letkol Laut (p) Adam Cahya S juga Kapal Angkatan Laut (KAL) Tabuhan milik pangkalan TNI AL Banyuwangi.

Sementara ada 7 personel TNI AL yang bersiaga sebagai penyelam, lengkap dengan berbagai peralatannya. Mereka melakukan penyelaman untuk memberikan pertolongan apabila terjadi incident di perairan Selat Bali.

Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (p) Yulius Azz Zaenal mengatakan, di area Selat Bali ini memiliki selat yang sempit namun dalam dan langsung berhadapan dengan Samudera Hindia di selatan.

“Di kawasan sini sering terjadi angin kencang dan gelombang tinggi sehingga diperlukan kewaspadaan dari berbagai stakeholder dilaut, utamanya aparat TNI AL,” ujar Danlanal.

Dijelaskan Danlanal, untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut itulah, dari unsur TNI AL mendapat bantuan KRI Tombak di bawah komando armada 2 Surabaya serta KAL Tabuhan yang juga ikut berpartisipasi mengamankan Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, yang di fokuskan di obyek vital nasional perairan Selat Bali khususnya penyeberangan Ketapang-Gilimanuk.

“Potensi kerawanan kriminalitas dan kecelakaan laut di Selat Bali cukup tinggi sehingga di butuhkan kewaspadaan dari berbagi pihak baik dari kepolisian, TNI AL, perusahaan pelayaran, Pelindo serta ASDP,” papar Danlanal.

“Untuk itu, di perlukan patroli bersama dengan menyisir di sepanjang perairan selat bali selama 24 jam non stop,” pungkasnya.

Selain dilaut, pengamanan menjelang perayaan Tahun Baru 2020 ini juga di lakukan aparat kepolisian dan TNI di darat, khususnya di area Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. Yang juga melibatkan berbagai stakeholder lainnya, seperti Satpol PP, Dinas Perhubungan dan sebagainya.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS