Nataru 2019/2020, PT KAI Daop 9 Jember Berangkatan 136 Ribu Penumpang

Peristiwa
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Selama masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (nataru) 2019/2020, tercatat ada 136 ribuan penumpang yang menggunakan jasa transportasi kereta api terangkut dari Stasiun Banyuwangi kota ke berbagai daerah tujuan.

Angka tersebut terhitung sejak masa angkutan Nataru 19 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020 dengan penumpang terbanyak menggunakan kereta api local.

Untuk di wilayah Daop 9 Jember sendiri ada 4 kereta api local dengan 2 kali perjalanan pulang pergi Banyuwangi-Jember dan sebaliknya, yakni Kereta Api Pandanwangi.

Sementara itu, dari 136 ribuan penumpang tersebut meningkat 5 persen dibanding tahun lalu di masa angkutan Nataru 2018/2019 yang sebanyak 128 ribu penumpang.

“Selama masa angkutan Nataru ini PT KAI Daop 9 Jember menyiapkan 8.224 tempat duduk di setiap harinya untuk seluruh kereta api baik local maupun kereta api ekonomi lokal dan ekonomi jarak jauh,” papar Kepala Stasiun Banyuwangi Kota, Dedi Saiful Yasin.

“Angkutan Nataru kali ini berlangsung selama 18 hari sehingga total tempat duduk yang tersedia adalah 148.032 unit,” imbuhnya.

Yasin menjelaskan, tiket kereta api di masa angkutan Nataru 2019/2020 sudah habis terjual sampai perjalanan tanggal 5 Januari 2020 mendatang untuk kereta api local, ekonomi local dan ekonomi jarak jauh seperti KA Sritanjung relasi Banyuwangi- Lempuyangan Jogjakarta, KA Tawang Alun relasi Banyuwangi-Malang dan KA Probowangi relasi Banyuwangi-Surabaya.

“Seluruh perjalanan KA itu masih menjadi favorit dari para pengguna jasa. Juga KA local Pandanwangi relasi Banyuwangi-Jember,” tutur Yasin.

Diakui Yasin, untuk tiket KA jarak jauh seperti Mutiara Timur relasi Banyuwangi-Surabaya dan Wijaya Kusuma relasi Banyuwangi-Cilacap yang keduanya merupakan Kereta api penumpang kelas Eksekutif dan Ekonomi AC Premium masih tersisa 20 persenan.

“Itupun khusus yang kelas premium sudah habis terjual hingga 5 Januari 2020,” imbuhnya.

Lebih lanjut Yasin menjelaskan, hampir diseluruh tiket yang habis terjual hingga 5 Januari 2020 tersebut adalah untuk relasi perjalanan yang terjauh. Misalnya KA Sritanjung relasi Banyuwangi-Lempuyangan Jogjakarta, maka yang sudah habis terjual adalah relasi hingga ke Lempuyangan Jogjakarta.

“Kami sarankan kepada para calon penumpang yang ingin memanfaatkan beberapa kereta api yang tiketnya sudah habis terjual, untuk bisa menggunakan moda transportasi lainnya,” pungkas Yasin.

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS