Musim Penghujan Tiba, PT KAI Siagakan Petugas Daerah Rawan

Peristiwa
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Memasuki musim penghujan, PT KAI Daop 9 Jember menyiagakan Petugas Daerah Rawan selama 24 jam non stop di sepanjang lokasi yang di lalui kereta api.

Selain itu, di beberapa titik yang masuk dalam daerah rawan banjir dan tanah longsor juga di siagakan berbagai peralatan dan material sehingga jika sewaktu waktu terjadi bencana maka petugas bisa langsung ke lokasi untuk melakukan perbaikan.

Manager Humas PT KAI Daop 9 Jember, Mahendro Trang Bawono mengatakan, petugas daerah rawan tersebut bertugas selama 24 jam di setiap hari secara bergantian untuk memeriksa jalur rel kereta api.

“Mereka bersiaga di sejumlah lokasi yang masuk dalam daerah rawan ekstra,” ungkap Mahendro.

“Untuk di Banyuwangi sendiri ancaman bencana yang menonjol adalah banjir dan tanah longsor,” tuturnya.

Mahendro menjelaskan, dari pantauan pihaknya, di wilayah Banyuwangi terdapat 6 titik seperti di kawasan Stasiun Argopuro rawan banjir dan longsor, juga di antara Stasiun Rogojampi dan Kabat rawan banjir. Sementara di wilayah Jember ada 5 titik rawan utamanya di kawasan Merawan dan Gunung Gumitir masuk daerah rawan longsor. \

“Untuk itulah di beberapa titik itu di siagakan penjaga daerah rawan beserta peralatan material,” ujar Mahendro.

Meski demikian kata Mahendro, walaupun dalam beberapa hari terakhir ini terjadi hujan dengan intensitas cukup tinggi namun tidak sampai mengganggu perjalanan kereta api di wilayah Daop 9 Jember yang meliputi dari Stasiun Ketapang Banyuwangi hingga Stasiun Pasuruan.

“Banjir yang sempat menggenangi rel langsung surut sehingga keberangkatan kereta api tidak sampai terganggu. Itupun ketinggian maksimal banjir berkisar 10 centimeter di atas kop rel,” papar Mahendro.

Sementara itu, dari hasil evaluasi PT KAI Daop 9 Jember, selama masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2019/2020 tidak ada kejadian yang menonjol di wilayah setempat. Hanya dilakukan peningkatan minor fasilitas pelayanan penumpang di beberapa stasiun yang terpantau terjadi kebocoran. 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS