Disperindag Sidak Rokok Ilegal Sasar 6 Kecamatan

Petugas Mendatangi Toko Untuk Pantau Adanya Rokok Ilegal Yang Dijual

Peristiwa
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Untuk kesekian kalinya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Banyuwangi melakukan sidak rokok illegal di beberapa toko di sejumlah kecamatan.

Kali ini menyasar di 6 kecamatan sejak Senin (29/10) hingga Senin (5/11). Yakni di Kecamatan Songgon mendatangi 20 pelaku usaha atau toko penjual rokok eceran, Kecamatan Kalipuro ada 20 toko, Kecamatan Bangorejo 18 toko, Kecamatan Cluring 18 toko, Kecamatan Sempu 21 toko dan di Kecamatan Siliragung ada 21 toko.

Kepala Disperindag Banyuwangi, Sih Wahyudi mengatakan, dari hasil sidak ini, petugas tidak mendapatkan rokok yang di duga illegal diantaranya tidak dilekati pita cukai atau dilekati pita cukai palsu maupun bekas serta salahpersonalisasi dan salah peruntukkan.

“Kegiatan ini lebih kepada melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap pelaku usaha atau toko penjual rokok eceran untuk tidak menjual rokok illegal,” ujar Sih Wahyudi.

“Selain itu juga untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran terhadap pelaku usaha atau penjual rokok eceran untuk tidak menjual rokok illegal,” imbuhnya.

Sih Wahyudi menjelaskan, selain pihaknya, sidak ini juga melibatkan aparat Satpol PP serta Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai tipe Pratama Banyuwangi.

Sementara itu, sebelum menggelar sidak, terlebih dahulu Disperindag berkoordinasi dengan Camat setempat agar ikut serta mendukung dan menghimbau kepada masyarakatnya agar tidak menjual rokok illegal.

“Kami harap, himbauan dan ajakan ini bisa di sampaikan masing masing camat saat pertemuan lurah atau kepala desa ataupun bersama tokoh masyarakat, PKK, maupun Karang Taruna agar peredaran rokok illegal di Banyuwangi dapat di tekan,” papar Sih Wahyudi.

Selain itu, juga di serahkan kaos berslogan Stop Rokok Ilegal kepada para camat setempat. Serta memasang stiker larangan menjual rokok illegal di setiap toko maupun warung karena di nilai sangat membahayakan bagi kesehatan manusia.

Lebih lanjut Sih Wahyudi menambahkan, bagi masyarakat yang mengetahui adanya toko ataupun warung yang menjual rokok illegal di harapkan bisa melapor ke pihaknya guna di lakukan penindakan lebih lanjut.

“Kami lebih ke arah pembinaan kepada para penjual supaya tidak mengulangi perbuatannya kembali karena selain merugikan negara terkait pita cukai tidak berijin, rokok illegal juga berbahaya bagi kesehatan jika sering di konsumsi,” pungkas Sih Wahyudi.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.