Ke Banyuwangi, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto Kagumi Bandara dan Pendopo

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto kunjungi pendopo Banyuwangi

Peristiwa
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Berkunjung ke Banyuwangi, Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) RI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengapresiasi sejumlah perkembangan di Kabupaten ujung timur pulau jawa tersebut.

Marsekal Hadi berkunjung ke Banyuwangi selama dua hari, Selasa-Rabu (27-28/11).

Saat baru mendarat di Bandara Banyuwangi, Marsekal Hadi memuji konsep arsitektur hijau di terminal Bandara. Meski sebagian besar ruangan tanpa AC, terminal bandara tetap sejuk dengan pengaturan sirkukasi udara dan aliran air di kolam ikan yang mengelilingi tiap sudut terminal.

“Sebagai pintu gerbang, Bandara Banyuwangi sangat bagus,” ungkapnya.

“Jika akses berupa bandara itu telah baik, maka akan berdampak baik pula dengan taraf perekonomian daerah setempat,” ujar Pria kelahiran Singosari, Malang tersebut.

Dia mengaku tidak heran, jika beberapa indikator kemajuan ekonomi Banyuwangi telah menyalip sejumlah daerah lain di Jawa Timur.

Dalam kunjungannya ke Banyuwangi, Marsekal Hadi menyempatkan diri bersilaturrahim dengan para ulama se-Banyuwangi di Aula PC Nahdlatul Ulama, Selasa malam (26/11). 

Usai acara tersebut, Hadi diajak Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengunjungi Pendopo Sabha Swagata Blambangan. Kembali dia terkesan dengan arsitektur bangunan di Banyuwangi. Marsekal Hadi diajak melihat bangunan guest house bawah tanah. Guest house itu tersembunyi di bawah bukit hijau yang terhampar di sisi kiri kanan halaman belakang pendopo. 

Tidak hanya itu, Hadi juga tertarik furniture kayu yang mendiami pendopo. Mulai dari kursi, meja, dan buffet penghias.

“Saya tertarik dengan kursi dari potongan lesung bekas ini,” tutur Hadi.

Bupati Anas menceritakan, pihaknya sengaja mendesain pendopo sebagai ruang pamer terhadap produk-produk Banyuwangi, termasuk industri furniture.

“Supaya, setelah orang ke pendopo, bisa tertarik membeli ke para perajinnya,” ujar Bupati Anas.

Marsekal Hadi sangat menikmati suasana pendopo yang asri. Selama 1,5 jam di sana, Hadi menikmati kopi Banyuwangi sambil menikmati alunan musik angklung yang ada di Pendopo.

Kunjungan Marsekal Hadi ke Banyuwangi sendiri dalam rangka meninjau latihan gabungan TNI di Asembagus, Situbondo. Hadi bermalam di salah satu hotel berbintang di Banyuwangi, untuk kemudian bertolak ke Asembagus meninjau latihan tersebut.

 

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.