Hujan Deras Semalam, Ratusan Rumah di Pesanggaran Terendam Banjir

Banjir melanda di Pesanggaran

Peristiwa
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Ratusan rumah warga di 2 desa di Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi terendam banjir mencapai 1 meter lebih.

Hujan deras yang mengguyur kawasan setempat sejak Selasa sore (27/11) hingga Rabu dini hari (28/11) menyebabkan debit air di aliran sungai meluap hingga ke perkampungan warga karena tidak bisa menampung volume air yang terus meningkat.

Sementara dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, banjir ini menggenangi sekitar 500 an lebih rumah warga di Desa Pesanggaran dan Desa Sumberagung. Untuk di Dusun Ringinagung Desa Pesanggaran tercatat ada 167 rumah warga di 3 RT terendam banjir mencapai 2 meter, utamanya di area petak 56.

Sedangkan di Dusun Ringinmulyo di desa yang sama, ada 24 rumah terdampak banjir setinggi 1 meteran.

Untuk di kawasan Desa Sumberagung, tepatnya di Dusun Silirbaru mencapai 300 an rumah terendam banjir. Juga di Dusun Rejoagung tercatat ada 65 rumah. Selain itu, ada puluhan rumah di Dusun Pancer juga mengalami kondisi yang sama.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi, Eka Muharram mengatakan, yang terparah banjir melanda di petak 56 Dusun Ringinagung.

“Kondisi ini sudah di prediksi sebelumnya oleh warga setempat, sehingga di saat turun hujan deras mereka mulai bergotong rotong mengamankan barang berharga mereka,” papar Eka.

Meski demikian, daerah setempat terisolir sehingga masyarakat tidak bisa melakukan aktifitas sehari hari. Dan pihak BPBD memberikan bantuan sekitar 200 an nasi bungkus kepada para warga.

“Banjir juga menggenangi sepanjang ruas jalan menuju wisata pantai Pulau Merah tepatnya di kawasan Dusun Silirbaru setinggi 50 centimeter,” ujar Eka.

Dari pantauan di lapangan, hanya masyarakat yang ada di Dusun Ringinagung yang mengungsi di sejumlah lokasi. Sedangkan di wilayah lainnya, masyarakat masih memilih bertahan di rumahnya.

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.