02 - Tulus - Pamit



Sudah dengerin lagu barunya Tulus?? Udah baper??

Tanggal 26 Februari 2016 lalu, dianggap sebagai “Hari Baper Nasional” itu karena bertepatan dengan pemutaran serentak lagu barunya Tulus yang berjudul “Pamit” di banyak radio seluruh Indonesia. Mengapa jadi hari baper? Ya karena begitu secara serentak mendengarkan lagu barunya Tulus dipastikan jadi terbawa perasaan, alias baper. Pedih.

Kadang saya berpikir, yang membuat unik lagunya Tulus itu bukan musiknya, tapi liriknya. Lirik yang muncul dari kejadian sangat biasa dialami banyak orang tapi dirangkai secara indah dalam sebuah lagu sehingga menjadi lagu yang bikin pendengarnya bereaksi “Kurang ajar banget nih liriknya”.

Bagaimana tidak baper kalau liriknya aja emosional seperti ini, “Izinkan aku pergi dulu, yang berubah hanya tak lagi kumilikmu. Kau masih bisa melihatku. Kau harus percaya ku tetap teman baikmu.” Lirik yang bikin kita cakar-cakar mantan eh diri sendiri ini ditulis sendiri oleh Tulus diaransemen oleh Ari Renaldi yang juga turut menggarap dua album musik sebelumnya, Tulus (2011) dan Gajah (2014).

Kembali bicara soal keunikan, ada warna baru dalam lagu “Pamit” yang belum sempat tersentuh di dua album sebelumnya. Adalah keterlibatan The City of Prague Philharmonic Orchestra, Orkestra klasik asal Ceko yang pernah bekerjasama dengan komposer ternama macam Alexandre Desplat, Rachel Portman dan banyak lagi lainnya ini menciptakan keunikan nuansa ‘mistis’ untuk lagu ini. Aransemenpun terdengar megah, dipilih oleh Ari Renaldi selaku produser album ketiga Tulus. Itu bukti keseriusan Tulus dalam memproduksi album ini tidak main-main, termasuk dalam proses pengerjaan lagu yang dilangsungkan di dua negara. Di Indonesia dan salah satu studio terbesar di Praha, Republik Ceko.

Belum jelas akan diberi judul apa album ketiga Tulus nanti, yang pasti dalam rentang dua tahun sejak album terakhir Gajah yang sukses secara komersial dan banyak dipuji itu, Tulus hanya mengeluarkan single alternatif, yaitu lagu “Sepatu” dalam versi bahasa Jepang yang diberi judul “Kutsu”, dan baru single bernuansa ballad dengan tema cinta dan perpisahan berjudul “Pamit” inilah yang dikenalkan sebagai jembatan menuju koleksi karyanya yang ketiga.

Selain sudah sering kamu dengarkan di radio-radio kesayangan kamu, single yang rentan bikin kamu baper ini juga sudah dapat diunduh / streaming musik digital melalui iTunes, Langit Musik, Deezer, Guvera, dan Spotify.

Add comment


Security code
Refresh