Status Facebooknya Viral, Anas Ajak Afi Ikuti Banyuwangi Cerdas

Tulisan Afi memang sudah dikenal publik karena sangat kritis sekaligus inspiratif.

Ilex Vis - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas sarapan pagi bareng Afi Nihaya Paradisa, pelajar SMA Negeri Gambiran Banyuwangi yang tulisannya di Facebook kerap menjadi viral, Kamis (18/5).

Di ruang kerjanya, Bupati Anas mengajak Afi sarapan bersama dengan menu pecel rawon.

“Saya sengaja mengajak Afi tersebut untuk memberikan inspirasi kepada anak-anak muda lainnya, bahwa pelajar perlu rajin membaca dan menulis,” ujar Bupati Anas.

“Tulisan Afi di nilainya bagus, dan itupun tidak mungkin dia bisa menulis kalau tidak membaca,” imbuhnya.

Bupati Anas mengatakan, dia mengetahui kiprah Afi di media sosial yang menyita perhatian banyak orang.

“Afi ini adalah salah satu contoh pelajar yang memanfaatkan gadget untuk hal yang positif lewat tulisan. Dan apa yang dilakukan oleh Afi ini bisa menjadi inspirasi bagi para pelajar lainnya,” papar Bupati Anas.

Dia menyampaikan bahwa, terkait tulisan Afi di Facebook tersebut memang ada perbedaan pendapat, ada yang setuju dan ada yang tidak. Hal itu dianggapnya sesuatu yang wajar, karena banyak kepala pasti tidak bisa seragam sependapat.

Afi lahir dan besar di Desa Yosomulyo Kecamatan Gambiran, Banyuwangi. Gadis kelahiran 23 Juni 1998 ini hadir di ruangan Bupati Anas didampingi oleh ayahnya, Imam Wahyudi (47), yang merupakan pedagang kaki lima (PKL) di sekolah.

“Apa yang dilakukan Afi ini merupakan inspirasi bagi semua masyarakat. Afi ini tinggal di daerah yang cukup jauh dari kota, namun dengan internet, dia bisa berselancar mencari pengetahuan serta memperkaya wawasan,” papar Bupati Anas.

Pada kesempatan itu, Bupati Anas menawarkan ke Afi untuk mengikuti beasiswa Banyuwangi Cerdas yang bekerjasama dengan beberapa universitas negeri. Beasiswa ini membiayai kuliah beserta biaya hidup selama berkuliah.

“Ini bentuk apresasi dari pemerintah daerah kepada pelajarnya yang berprestasi seperti Afi,” tutur Bupati Anas.

Tulisan Afi memang sudah dikenal publik karena sangat kritis sekaligus inspiratif. Banyak tulisannya yang sudah menjadi viral di media sosial. Tulisannya terbarunya telah disukai lebih dari 30.000 orang dan dibagikan puluhan ribu orang. Follower-nya mencapai 270.000 orang.

Afi bercerita, dia suka menulis sejak duduk di bangku SD. Afi mendapatkan inspirasi menulis dari pengamatan sehari-hari dan banyak membaca buku.

“Saya sangat suka membaca, baik membaca lewat informasi di internet maupun dari buku-buku. Dan Saya punya target membaca dalam satu bulan 1-3 buku,” papar Afi.

Dia mengatakan meski menyukai menulis sejak lama, tapi baru aktif menulis menggunakan Facebook mulai Maret 2016.

Tiga bulan setelah menggunakan FB, tulisannya pun mulai viral disukai dan dibagikan oleh banyak netizen.

“Saat menulis, sebenarnya saya tidak ada niatan supaya viral,” ujarnya.

Apa yang di tulisnya hanya ingin berbagi kebaikan dengan orang lain. Tapi ternyata disukai dan dibagikan oleh banyak orang.

Add comment


Security code
Refresh