Perda Pilkades Atur Batasan Kades

Tidak menutup kemungkinan dalam Pilkades serentak tahun 2017 ada desa yang calonnya lebih dari 5 orang.

Daus VIS- Perda Pilkades yang barus disahkan DPRD, mengatur tentang diperbolehkannya calon dari luar desa, untuk maju dalam pemilihan kepala desa. Selain itu perda Pilkades menambahkan aturan muatan lokal, berupa ketentuan pembatasan calon kepala desa yang lebih dari lima orang.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh ketua DPRD Banyuwangi, Made Cahyana Negara usai melakukan pengesahan raperda tentang Pencalonan, Pemilihan dan Pengangkatan Serta Pemberhentian Kepala Desa pada hari Rabu (18/5/17) kemarin . Made menuturkan, DPRD telah mengesahkan raperda pilkades yang merupakan revisi Perda nomor 9 tahun 2015. Dalam perda tersebut, juga membatasi jumlah calon maksimal 5 orang, sesuai dengan amanat Undang Undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa.

Namun jika dalam sebuah pilkades nanti terdapat calon yang lebih dari 5 orang, maka harus ada pengurangan. Mekanisme pengurangan tersebut, nantinya dilakukan oleh tim seleksi dari tingkat kabupaten yang akan diangkat dengan SK Bupati. Mekanisme pembatasan calon dalam pilkades ini, merupakan muatan lokal yang dicantumkan pansus DPRD dalam raperda tentang Pencalonan, Pemilihan dan Pengangkatan Serta Pemberhentian Kepala Desa ini. Karena tidak menutup kemungkinan, dalam Pilkades serentak tahun 2017, ada desa yang calonnya lebih dari 5 orang.

Made menambahkan, dalam revisi Perda Pilkades yang baru disahkan DPRD, juga mengatur tentang diperbolehkannya calon asal luar desa yang menggelar Pilkades, untuk maju sebagai calon kepala desa. Ketentuan tersebut berdasarkan hasil revisi pasal 15 Undang Undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, yang baru diputuskan Mahkamah Konstitusi. Karena sebelumnya, di pasal tersebut menjelaskan, bahwa calon kepala desa harus berasal dari desa yang menggelar Pilkades. “ Pilkades serentak perlu perhatian eksekutif, eksekutif harus persiapkan secara serius perangkat dan macam macamnya”, kata Made.

Add comment


Security code
Refresh