Beras Rastra Berganti Voucher Pangan

Bulog akan menyediakan rumah pangan kita dengan menggandeng toko di masing masing RW se Banyuwangi.

Daus VIS- Jatah beras sejahtera (rastra) yang saat ini disalurkan kepada warga miskin, akan diganti dengan voucher pangan mulai bulan juli mendatang. Nantinya, penerima beras subsidi yang sebelumnya bernama raskin ini, akan memperoleh kartu voucher pangan yang akan dibagikan pemerintah kepada setiap warga yang selama ini mendapatkan beras raskin dari pemerintah. Penyebaran voucer pangan ini, akan dilakukan oleh Bulog.

Kepala Bulog sub Divre 9 Banyuwangi , Raden Guna Dharma menuturkan, rastra yang disalurkan pada warga miskin yang menjadi rumah tangga sasaran ini, nantinya akan dirubah dalam bentuk voucer pangan senilai Rp.110 ribu.

Pria yang akrab disapa Awang ini menjelaskan, voucher pangan tersebut bisa ditukar dengan kebutuhan bahan pokok selain beras, seperti gula pasir, minyak goreng dan tepung, sesuai dengan besaran nilai voucher yang diterima Gakin.Penukaran voucher pangan ini, nantinya bisa dilakukan melalui Bulog setempat.

Namun untuk memudahkan warga, lanjut Awang, bulog akan menyediakan rumah pangan kita, dengan menggandeng toko di masing masing RW se Banyuwangi, yang akan dijadikan mitra Bulog dan bertindak sebagai kios Rumah pangan kita atau RPK. Sehingga saat warga miskin menerima voucer pangan tersebut, bisa langsung menukarkannya dengan kebutuhan pokok, senilai Rp. 110 ribu.

Awang menambahkan, program dari pemerintah pusat terkait penggantian beras raskin dengan voucer pangan ini, baru akan diterapkan di banyuwangi pada awal bulan Juli mendatang. Saat ini pihak Bulog tengah melakukan penjaringan berbagai toko atau kios di Banyuwangi, yang akan dijadikan mitra tempat penukaran Voucer pangan tersebut. Karena ditargetkan, setiap RW nanti, akan disediakan satu kios penukaran voucer pangan.

Tahun 2017 ini, penyaluran beras rastra di Banyuwangi merata di 217 desa dan kelurahan se kabupaten Banyuwangi. Adapun jumlah warga yang menerima beras rastra sebanyak 117.553 kepala keluarga, yang mendapat jatah 15 kilogram beras. Bulog setiap bulannya mengeluarkan 1763 Ton untuk warga miskin di Banyuwangi.

Add comment


Security code
Refresh