KPU Banyuwangi Launching Rumah Pintar Pemilu

RPP bisa menjadi rujukan bagi masyarakat, yang ingin mengetahui informasi seputar kepemiluan.

Daus VIS- KPU Banyuwangi, Kamis siang (18/5/17) secara resmi melaunching Rumah Pintar Pemilu yang diharapkan bisa meningkatkan pemahaman masyarakat dalam hal kepemiluan serta meningkatkan partisipasi atau minat masyarakat didalam pemilu. Baik sebagai penyelenggara, peserta pemilu atau pemilih.

Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang bertema lare osing tersebut, bertempat di kantor KPU jalan Agus Salim Banyuwangi. Didalam RPP tersebut, disediakan berbagai informasi terkait permasalahan pemilu, taman baca yang berisi buku tentang kepemiluan, serta menjadi musium pemilu Banyuwangi. Setiap masyarakat, baik pelajar, mahasiswa atau masyarakat umum, bisa mengunjungi rumah pintar pemilu itu setiap jam kerja untuk menambah wawasan nya terkait persoalan pemilu.

Komisioner KPU Jawa Timur, Gogot Cahyo Baskoro yang siang itu meresmikan rumah pintar Pemilu Banyuwangi menuturkan, saat ini dari 516 kabupaten kota di Indonesia, 60 persen diantaranya telah menyediakan rumah Pintar Pemilu, yang salah satunya Banyuwangi.

RPP yang menjadi program dari KPU Pusat ini, bisa menjadi rujukan bagi masyarakat, yang ingin mengetahui informasi seputar kepemiluan. Sehingga harapannya kedepan, masyarakat bisa semakin lebih cerdas dalam penyikapi persoalan pemilihan umum. Dan dalam memilih di pemilu nanti, tidak lagi berdasarkan emosional atau berdasarkan uang yang diberikan calon. Namun lebih mengedepankan pertimbangan Logis dan rasional dalam pemilih calon di Pemilu. Baik Pilkada, Pileg maupun Pilpres.

Gogot menambahkan, komisioner KPU Banyuwangi juga harus selalu up date dalam mengelola rumah pintar pemilu ini, dan selalu melengkapinya dengan konten atau informasi pemilu yang terbaru. Sedangkan pengelolaan rumah pintar Pemilu ini, pendanaanya juga bisa melibatkan pemerintah daerah melalui anggaran APBD, maupun anggaran CSR dari perusahaan. Karena saat ini, KPU jawa timur, hanya memberikan anggaran Rp. 35 juta, untuk pendirian rumah pintar pemilu di kabupaten kota yang ada di Jatim.

Sementara itu, komisioner KPU Banyuwangi, Jamaludin mengaku, dipilihnya tema lare osing sebagai tema rumah pintar pemilu ini, disesuaikan dengan identitas Banyuwangi yang memiliki suku asli warga Osing. Yang tidak lain, bertujuan untuk menarik simpati warga Banyuwangi sendiri untuk datang dan mengakses berbagai informasi tentang kepemiluan. Masyarakat bisa datang ke rumah pintar Pemilu di kantor KPU Banyuwangi, setiap jam kerja.

Add comment


Security code
Refresh