PMI Banyuwangi Canangkan Desa Sadar Donor Darah

PMI telah membuka pelayanan donor darah di sejumlah lokasi dalam setiap harinya.

Ilex Vis - Dalam rangka peringatan Hari Donor Darah Sedunia 2017, Pemerintah daerah bersama PMI cabang Banyuwangi mencanangkan desa dan kelurahan serta kecamatan Sadar Donor Darah se Kabupaten Banyuwangi.

Pencanangan ini di pusatkan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) gendoh Kecamatan Sempu Banyuwangi, Minggu (16/7), sekaligus juga di gelar donor darah yang melibatkan seluruh elemen masyarakat.

“Pencanangan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya donor darah,” ujar Ketua PMI cabang Banyuwangi, Mufti Aimah Nurul Anam.

Dia menambahkan, kegiatan ini sengaja di gelar di kawasan Kecamatan Sempu karena di daerah ini ada LSM yang konsisten mendonorkan darahnya, yang bernama Kelompok Donor Darah Sukarela (KDDS).

“Kelompok ini berjumlah 600 anggota, namun yang aktif sekitar 300 an,” imbuh Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, Widji Lestariono usai membuka pencanangan Desa dan Kelurahan serta Kecamatan Sadar Donor Darah tersebut.

Kepala dinas yang biasa di sapa dokter Rio itu juga mengaku bangga dengan anggota KDDS yang berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari PNS, aparat kepolisian, masyarakat sipil hingga pekerja penderes gula kelapa.

“Dengan pencanangan ini bisa membantu masyarakat utamanya ibu ibu sehabi melahiran yang membutuhkan banyak darah,” ungkap Rio.

“Namun yang pasti, tujuan pencanangan ini adalah untuk menjaga ketersediaan stok darah di dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, “ ujar Sekretaris PMI Cabang Banyuwangi, Nurhadi.

Meskipun menurutnya, PMI telah membuka pelayanan donor darah di sejumlah lokasi dalam setiap harinya.

“Dengan inovasi ini, stok darah di PMI sangat cukup karena setiap hari bisa tercapai 50 hingga 60 kantong dan itu bisa membantu masyarakat yang membutuhkan, “ pungkas Nurhadi.

Kegiatan ini di hadiri oleh seluruh camat se Kabupaten Banyuwangi beserta sejumlah stake holder terkait.

Dan sebelum pencanangan di mulai, terlebih dulu di gelar jalan sehat dengan memperbutkan berbagai macam hadiah. Sementara untuk hadiah utama 1 unit sepeda motor, di prioritaskan untuk peserta yang hari itu mendonorkan darahnya.

Add comment


Security code
Refresh