Pengurus Cabang LPBH NU Gelar Penyuluhan Hukum Narkoba

Selama kegiatan ini berlangsung, juga di paparkan dan di perlihatkan berbagai jenis barang yang di namakan narkoba maupun narkotika.

Reporter : Ilex Vis

Radiovisfm.com, Banyuwangi - Peredaran narkoba yang saat ini sudah merambah berbagai kalangan, membuat Pengurus Cabang Lembaga Penyuluh dan Bantuan Hukum Nahdlatul Ulama (LPBH NU) menggelar penyuluhan hukum narkoba dan ekonomi syariah.

Dan untuk memaparkan lebih jelas mengenai jenis dan bahayanya penggunaan narkoba, di hadirkan pula pemateri dari pihak Satuan Reskoba Polres Banyuwangi. Dalam kegiatan yang di gelar di Kantor Cabang NU Banyuwangi, Jum’at (11/8) ini di ikuti seluruh ketua dan pengurus MWC NU se Banyuwangi.

Kaur Bins Ops (KBO) Narkoba, Iptu Suryono Bhakti yang menjadi salah satu pemateri mengatakan, kegiatan ini adalah untuk memberikan penyuluhan hukum tentang narkoba dan syariah, supaya masyarakat bisa memahami barang apa saja yang masuk dalam kategori narkoba serta bahayanya bila di konsumsi.

“Jika kedapatan aparat kepolisian, maka masyarakat yang bersangkutan bisa berurusan dengan hukum,” ujar Iptu Suryono.

“Kegiatan ini sengaja di laksanakan di kalangan NU karena mayoritas masyarakat Banyuwangi adalah berbasis NU, bahkan hingga ke pelosok desa,” imbuhnya.

Oleh karena itulah, di harapkan mereka bisa mengembangkan informasi jenis dan bahayanya narkoba ini kepada masyarakat hingga ke tingkat bawah guna di lakukan pencegahan sejak awal, supaya tidak ada warga yang sampai terjerumus ke dalam pemakaian barang haram tersebut.

“Selama kegiatan ini berlangsung, juga di paparkan dan di perlihatkan berbagai jenis barang yang di namakan narkoba maupun narkotika,” tutur Iptu Suryono.

Seperti Sabu, Ganja, pil ekstasi maupun berbagai obat jenis pil Trihexyphenidyl supaya mereka memahami barang apa saja yang di namakan narkoba.

“Di harapkan, bagi masyarakat yang mengetahui adanya peredaran narkoba dan narkotika berbagai jenis tersebut, bisa langsung melapor ke pihak kepolisian untuk dilakukan penanganan lebih lanjut,” pinta Iptu Suryono.

Dan setelah di gelar kegiatan ini, Satreskoba menyematkan pin kepada para peserta sebagai tanda keikut sertaan mereka di dalam memberantas peredaran narkoba di Banyuwangi, dalam Gerakan Banyuwangi Anti Narkoba.

Add comment


Security code
Refresh