Menko Darmin : Taman Nasional Dan Taman Wisata Alam Jadi Wisata Basis Alam

Pariwisata saat ini di nilai telah menjadi kebutuhan penting dan pasarnya tidak pernah turun.

Reporter : Ilex Vis

Radiovisfm.com, Banyuwangi - Pemerintah Pusat mendorong pemanfaatan Taman Nasional dan Taman Wisata Alam untuk tempat wisata berbasis alam. Menyusul, Taman Nasional dan Taman Wisata Alam yang tersebar di hampir semua penjuru Indonesia menyimpan berbagai potensi yang belum tergarap.

Hal ini di katakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution dalam kunjungan kerjanya di Banyuwangi selama 2 hari, Kamis dan Jum’at (10-11/8).

“Pariwisata saat ini telah menjadi kebutuhan penting dan pasarnya tidak pernah turun. Sehingga sangat tepat jika potensi taman nasional ini didorong untuk wisata berbasis alam,” ujar Menko Darmin.

Sebelum melanjutkan kunjungan kerjanya, Menko Darmin terlebih dahulu membuka Festival Taman Nasional dan Taman Wisata Alam di Gedung Seni Budaya Banyuwangi.

“Pemandangan alam dan pertunjukan kebudayaan merupakan potensi yang diminati. Akan tetapi ada dua faktor yang banyak dikeluhkan oleh para wisatawan mancanegara,” papar Menko Damrin.

Pertama adalah tentang enveromental sustanbelity (pengembangan lingkungan yang berkelanjutan). Sedangkan yang kedua adalah health and hegiene (kesehatan dan kebersihan). Meski demikian, peminat wisatawan ke Indonesia di nilai masih cukup tinggi.

“Dari data International, Indonesia berada di posisi 42 dari 136 negara yang menjadi jujukan wisata,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk pemanfaatan tersebut, Menko Darmin menyarankan kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, untuk menyusun skala prioritas pengembangannya.

“Yakni, dengan modal yang tak terlalu besar, namun memiliki dampak kepada masyarakat lokal secara luas,” pungkasnya.

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya yang juga hadir di Banyuwangi mengaku akan menyusun skala prioritas tersebut, dengan melakukan pemetaan potensi wisata di beberapa Taman Nasional.

“Kami tidak mungkin hanya mengembangkan di satu tempat saja, namun harus paketan,” ujar Menteri Siti.

“Seperti halnya di Banyuwangi, akan disambungkan dengan gunung Bromo dan Pulau Dewata Bali,” imbuhnya.

Siti Nurbaya juga menambahkan, Banyuwangi merupakan kandidat kuat Taman Nasionalnya menjadi skala prioritas. Dia mengaku, jika melihat pemodalannya, di nilai tidak terlalu besar. Akan tetapi, dampaknya luar biasa jika di kembangkan.

Add comment


Security code
Refresh