Nina Akbar Tanjung Kagumi Pesona Banyuwangi

Mereka mengunjungi Sanggar Genjah Arum di Desa Kemiren, Kecamatan glagah Banyuwangi.

Reporter : Ilex Vis

Radiovisfm.com, Banyuwangi - Yayasan Warna Warni mengagumi pesona wisata Banyuwangi. Hal itu di sampaikan oleh Pimpinan Yayasan Warna Warni, Krisnina Mahari Akbar Tanjung saat berkunjung ke Banyuwangi selama 3 hari sejak Sabtu (9/9) bersama 50 anggotanya.

Istri dari tokoh senior dan Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar, Akbar Tandjung tersebut mengaku terkesan dengan tradisi bahari nelayan Banyuwangi sekaligus tradisi Suku Using di Desa Kemiren yang merupakan warga asli Banyuwangi.

Mereka mengunjungi Sanggar Genjah Arum di Desa Kemiren, Kecamatan glagah Banyuwangi. Di sanggar seni budaya itu, rombongan langsung disuguhkan seni khas Banyuwangi seperti Tari Gandrung dan musik lesung yang dimainkan nenek-nenek.

“Desa Kemiren itu eksotis dan sebuah kearifan lokal. Ini yang harus di jaga di tengah arus besar budaya global,” ujar Nina.

Tidak hanya itu, Nina juga melihat langsung proses pengolahan biji kopi khas warga Kemiren dan langsung bisa menikmati kelezatan kopi Banyuwangi. Baginya, Desa Kemiren adalah cerita yang luar biasa. Nina menilai bahwa pembangunan kebudayaan di Banyuwangi sudah berjalan.

“Kekhasan masing-masing wilayahnya bisa terekspos dengan baik,” ungkapnya.

Nina pun mengaku mendukung Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang dinilainya terus berupaya menjaga dengan menampilkan tradisi daerahnya ke setiap wisatawan. Bahkan, masyarakat Banyuwangi juga turut antusias di dalam menjaga tradisi daerahnya.

“Saya membawa kisah bagaimana Banyuwangi menghidupkan tradisinya ini ke dalam forum budaya internasional di Bali,” tutur Nina.

Rombongan ini dijadwalkan akan menghadiri diskusi The International Conference on Language, Literature, Culture, and Education di Bali, 19 - 20 September 2017.

Di Banyuwangi, Nina dan rombongan yayasannya pun sempat mengunjungi sejumlah destinasi wisata, di antaranya di Pantai Pulau Merah.

Yayasan Warna-warni Indonesia adalah lembaga nirlaba yang berfokus pada upaya peningkatan apresiaai terhadap pluralisme, tradisi, wisata, kebudayaan, dan sejarah bangsa Indonesia

Add comment


Security code
Refresh