Canggu Community School Bali Studi Wisata Banyuwangi

Sebanyak 40 siswa kelas 11 tahun akademik 2017/2018, melakukan kegiatan darmawisata di sejumlah destinasi wisata Banyuwangi.

Reporter : Ilex Vis

Radiovisfm.com, Banyuwangi - Puluhan siswa Canggu Community School (CCS) Bali melakukan studi lapangan di Banyuwangi, dengan mengunjungi sejumlah tempat wisata.

CCS adalah sekolah Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) yang berada di bawah naungan Yayasan Swamitra International dan beralamat di Canggu Kabupaten Badung, Bali. Dimana, sebagian besar siswanya adalah warga negara asing dari berbagai negara yang menetap dan tinggal di Bali.

Salah satu program belajar siswa CCS adalah dengan memberi kesempatan mereka untuk belajar di luar kelas melalui studi lapangan, darmawisata dan kemping.

Kasi Pengembangan dan Promosi Wisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, Ainur Rofiq mengatakan, para pelajar CCS yang berkunjung ke Banyuwangi tersebut adalah sebanyak 40 siswa kelas 11 tahun akademik 2017/2018, melakukan kegiatan darmawisata di sejumlah destinasi wisata Banyuwangi yang sifatnya Culture dan Adventure.

“Untuk wisata Culture, mereka berkunjung ke sanggar tari di Desa Kemiren Kecamatan Glagah,” ujar Rofiq.

Disini, mereka di perkenalkan dengan kultur masyarakat asli using mulai dari Tarian Gandrung, Barong serta makanan kuliner khas using yaitu Pecel Pitik.

“Untuk wisata yang sifatnya Adventure, mereka mengunjungi Kawah Ijen, Taman Nasional Alas Purwo, Pantai Sukomade dan Pantai Pulau Merah,” imbuhnya.

Rofiq menjelaskan, puluhan siswa CCS tersebut berada di Banyuwangi selama 4 hari terhitung mulai Selasa (12/9) sampai Jum’at (15/9).

Sebelumnya, Yayasan Warna Warni Indonesia mengunjungi beberapa lokasi wisata Banyuwangi. Kedatangan rombongan yang juga di barengi oleh Krisnina Maharani (Nina) Akbar Tanjung ini disambut langsung oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Sabtu (9/9).

Rombongan kemudian diajak melihat langsung Green Airport Bandara Blimbingsari Banyuwangi. Terminal bandara ini berkonsep hijau dan berbeda dengan bandara lain yang penuh kaca. Bandara ini juga mengusung arsitektur khas Banyuwangi dengan material utamanya kayu.

Yayasan Warna Warni Indonesia adalah lembaga nirlaba yang mempunyai visi memperkuat kebhinnekaan Bangsa Indonesia dalam rangka pembentukan dan penguatan watak bangsa (nation character building).

Kegiatan Yayasan Warna Warni Indonesia berfokus pada upaya peningkatan apresiasi terhadap pluralisme, tradisi, wisata, kebudayaan dan sejarah bangsa Indonesia.

Add comment


Security code
Refresh