menu Home chevron_right
Banyuwangi

Sendratari Meras Gandrung Hipnotis Wisatawan

Ilex | 15 April 2024

radiovisfm.com – Pagelaran seni drama kolosal, sendratari Meras Gandrung, yang digelar di Taman Gandrung Terakota Banyuwangi, menuai decak kagum dari ratusan wisatawan yang menikmati libur lebaran di Banyuwangi.

Selama libur lebaran Banyuwangi menggelar berbagai atraksi wisata, salah satunya Meras Gandrung pada Sabtu petang (13/4/2024) kemarin.

Sendratari yang mengisahkan wisudanya penari Gandrung itu ternyata menarik wisatawan yang berlibur di Banyuwangi. Amphitheater Taman Gandrung Terakota yang menjadi lokasi pagelaran penuh dengan penonton. Selain menikmati atraksi seni budaya, wisatawan juga takjub dengan panorama ratusan patung penari gandrung di hamparan sawah produktif seluas tiga hektare di lereng Gunung Ijen itu.

Utami, wisatawan asal Jakarta menilai ini adalah pengalaman yang menarik.

“Mata saya sampai tak mau berkedip. Konsep wisata ini yang saya cari, memadukan pemandangan alam dan atraksi budaya yang memukau,” ungkap Utami.

Senada dengan Utami, wisatawan asal Bandung, Alex Firgiawan, mengaku takjub dengan keindahan alam dan budaya Banyuwangi.

“Ini pertama kali saya ke Banyuwangi, langsung jatuh cinta dengan keindahan alamnya,” kata Alex.

“Setelah menyaksikan Sendratari Meras Gandrung, saya menyadari bahwa Banyuwangi lebih dari sekadar pemandangan, tapi juga tentang orang-orangnya, budayanya, dan cerita yang hidup mereka,” paparnya.

Sendratari Meras Gandrung merupakan pementasan kolosal para penari gandrung. Kesenian ini menggambarkan prosesi perjuangan seorang penari dalam mengatasi tantangan dan ujian agar dapat lulus menjadi penari gandrung.

Pagelaran ini digelar rutin setiap bulan di Taman Gandrung Terakota. Sebuah destinasi yang menyuguhkan pemandangan eksotik Gunung Ijen. Di sini wisatawan bisa berkunjung ke galeri yang diprakarsai oleh Sigit Pramono penggagas Jazz Gunung.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, yang turut menyaksikan Meras Gandrung, mengatakan budaya Banyuwangi yang sangat kental telah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi.

“Siapapun yang ingin tahu tentang Gandrung, datang saja ke Taman Gandrung Terakota. Tak hanya sendratarinya, tapi bisa melihat banyak patung Gandrung serta cerita tentang Gandrung itu sendiri. Selain menjadi atraksi wisata, Meras Gandrung juga upaya mempertahankan dan melestarikan budaya Banyuwangi,” papar Bupati Ipuk.

“Wisata berbasis budaya ini yang membuat keunikan Banyuwangi. Kekayaan budaya ini harus dijaga bersama. Ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk terus mempertahankan jati diri di tengah gempuran globalisasi,” pungkasnya.

Written by Ilex

Comments

This post currently has no comments.

Leave a Reply






  • play_circle_filled

    Radio VIS FM Banyuwangi
    Radio VIS FM

play_arrow skip_previous skip_next volume_down
playlist_play