menu Home chevron_right
Banyuwangi

Tim SAR Gabungan Cari Korban Terjatuh ke Sungai : Hasilnya Nihil

Ilex | 16 April 2024

radiovisfm.com – Tim SAR Gabungan melakukan pencarian terhadap seorang pria yang hilang di sungai Desa Bulurejo, Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi diduga karena terpeleset.

Korban diketahui bernama Fredyla Ayang Aryanto (26), warga Dusun Krajan, Desa Purwoharjo, Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi.
Pencarian dilakukan dengan melakukan penyisiran disepanjang sungai lokasi kejadian sejauh kurang lebih 2-3 kilometer.

“Pencarian melibatkan tim gabungan dari aparat polsek Purwoharjo, Banyuwangi, Polairud Polresta Banyuwangi, TNI AL, BPBD Banyuwangi, pos pencarian dan pertolongan Banyuwangi yang menurunkan 1 tim rescue serta dari sejumlah relawan,” kata Koordinator Pos SAR Banyuwangi, Wahyu Setia Budi.

Wahyu menyebut, selama upaya pencarian tidak ada kendala yang cukup signifikan. Hanya adanya bebatuan besar di sepanjang aliran sungai yang menyebabkan tim gabungan tidak bisa menggunakan perahu karet dalam pencarian. Meskipun aliran air tidak terlalu deras.

“Sesuai SOP yang ada, pencarian dilakukan selama 7 hari. Tapi jika sampai 7 hari korban belum juga di temukan, maka pencarian dihentikan,” ujar Wahyu.

Sebelumnya, pada hari Senin (15/4/2024) sekira pukul 13.00 WIB korban bersama beberapa orang temannya berada di pinggir sungai di lokasi kejadian, sedang menggelar minuman keras. Setelah teman-temannya pulang, korban masuk ke sungai untuk mandi.
Hal itu terpantau dari kamera CCTV di rumah warga yang berada tidak jauh dari lokasi. Namun dari rekaman CCTV tersebut tidak terlihat adanya korban terpeleset ke sungai ataupun hanyut. Karena tangkapan kamera tidak sampai ke seluruh bagian sungai.
Hanya saja, orang tua korban melapor ke pihak kepolisian pada Selasa (16/4/2024) yang menyatakan bahwa anaknya tidak pulang sejak siang hingga malam hari.

Kapolsek Purwoharjo AKP Budi Hermawan menyebut, korban pernah di rawat di rumah sakit jiwa Licin Banyuwangi karena mengalami gangguan jiwa. Dan saat ini, pihak keluarga memilih untuk melakukan perawatan jalan terhadap korban di rumahnya.

“Lebar sungai sekitar 5-6 meter dengan kedalaman hanya dikisaran 50-60 centimeter dan cukup dangkal. Namun di sepanjang aliran sungai terdapat bebatuan besar, sedangkan aliran air sendiri tidak terlalu besar,” papar Kapolsek.

Meski demikian kata Kapolsek, pencarian tetap dilakukan meski dari rekaman CCTV tidak terlihat adanya korban hanyut.

Menurut Kapolsek, di jarak sekitar 20 meter dari lokasi kejadian terdapat kedung air dengan kedalaman 6-8 meter.

“Untuk itulah, pencarian juga fokus di sekitar kedung tersebut menjaga kemungkinan korban tenggelam,” pungkasnya.

Written by Ilex

Comments

This post currently has no comments.

Leave a Reply






  • play_circle_filled

    Radio VIS FM Banyuwangi
    Radio VIS FM

play_arrow skip_previous skip_next volume_down
playlist_play