menu Home chevron_right
Banyuwangi

Diduga Kompor Gas Bocor, Puluhan Ribu Ayam Ludes Terbakar

Ilex | 18 April 2024

radiovisfm.com – Sebuah kandang berisi 10 ribu ekor ayam di Desa Sidowangi, Kecamatan Srono, Banyuwangi ludes terbakar. Peristiwa ini terjadi pada Kamis dini hari (18/4/2024).

Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran. Namun diduga akibat adanya kebocoran tabung gas yang ada didalam kandang. Api semakin berkobar menghanguskan seluruh bangunan kandang milik Hadi Mulyono tersebut.

Karena material kadang ternak bertingkat ini terbuat dari bambu dan kayu. Kepulan asap pun membumbung tinggi ke udara.
Ditengah kepanikan, warga dan penjaga kandang ternak yang ada dilokasi, sempat melakukan upaya pemadaman secara mandiri. Namun upaya ini juga tidak kunjung membuat api padam.

Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Banyuwangi yang menerima laporan langsung menuju ke lokasi terbakarnya kandang.
Sebanyak 5 unit mobil tangki pemadam kebakaran tiba dilokasi. Para petugas bejibaku untuk melakukan pemadaman api. Meski api sudah berangsur mulai padam. Namun beberapa titik api masih saja muncul di beberapa sudut.

Petugas Damkar Banyuwangi, Herry Siswanto mengatakan, upaya pemadaman tidak bisa berlangsung dengan mudah. Lantaran banyaknya material yang mudah terbakar.

“Setelah bejibaku selama tiga jam, akhirnya kami berhasil menjinakkan api dan memastikan kebakaran sudah teratasi. Kami belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran ini,” jelas Herry.

“Ada dugaan, kebakaran disebabkan adanya kebocoran tabung gas yang ada di dalam kawasan kandang ternak yang tersulut api, hingga akhirnya terjadi kebakaran,” paparnya.

Tri Gempar Prayogo, penjaga kandang ayam menjelaskan, saat itu dirinya tengah terlelap tidur, tiba-tiba mendengar ada suara benda jatuh.

“Pas tidur, saya mendengar ada suara benda diatas. Lalu saya melihat kobaran api dari arah tabung gas. Yang selanjutnya membesar hingga membakar seluruh bagian kandang ayam,” papar Tri.

Tri menyebut, dirinya bersama beberapa warga sekitar berupaya memadamkan api secara mandiri, namun tidak berhasil. Justru api semakin membesar.

Selanjutnya, ia menghubungi kantor pemadam kebakaran Banyuwangi untuk meminta bantuan.

Sementara itu, meski tidak ada korban manusia, namun kerugian akibat kebakaran ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Selain membakar seluruh bangunan kandang, kebakaran juga mengakibatkan ribuan ternak ayam yang masih berusia lima hari ikut mati terpanggang.

Sedangkan beberapa ternak ayam yang masih selamat di kumpulkan petugas untuk selanjutnya diserahkan kepada pemiliknya.

Written by Ilex

Comments

This post currently has no comments.

Leave a Reply






  • play_circle_filled

    Radio VIS FM Banyuwangi
    Radio VIS FM

play_arrow skip_previous skip_next volume_down
playlist_play