menu Home chevron_right
Banyuwangi

Jokowi Serahkan 10 Ribuan Sertipikat Hasil Program Redistribusi Tanah ke Warga Banyuwangi

Ilex | 30 April 2024

radiovisfm.com – Data per tanggal 28 April 2024, dari 112.081.933 bidang tanah se Indonesia yang terdaftar, tercatat ada 91.356.600 bidang yang sudah bersertipikat. Sementara, Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mentargetkan di tahun 2024 ini bisa mencapai 120 juta bidang tanah yang terdaftar.

Dimana, Kementrian ATR/BPN sendiri mengestimasi jumlah bidang tanah di indonesia yang diharapkan selesai hingga tahun 2025 adalah sebanyak 126 juta bidang.

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono serta Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas hadir di Gedung Olahraga (GOR) Tawang Alun Banyuwangi menyerahkan sertipikat tanah untuk rakyat Jawa Timur, Selasa (30/04/2024).

Hadir pula Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dan Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono.

Dalam keterangannya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa di Banyuwangi kali ini total sertipikat tanah yang diserahkan mencapai 10.323 sertipikat dengan jumlah penerima sebanyak 8.633 kepala keluarga (KK).

Tercatat sebanyak 5.000 orang penerima sertipikat yang berasal dari 17 desa di Kabupaten Banyuwangi hadir langsung di GOR Tawang Alun.

“Sertipikat yang kami serahkan di Banyuwangi ini merupakan hasil program Redistribusi Tanah dari Pelepasan Kawasan Hutan (SK Biru) yang mana telah diamanatkan Presiden RI pada akhir 2023 untuk ditindaklanjuti dengan diterbitkan Sertipikat Hak Atas Tanahnya,” ujar Jokowi.

“Para penerima sertipikat di Banyuwangi kali ini adalah orang-orang pertama di Indonesia yang menerima sertipikat hasil Redistribusi Tanah dalam bentuk Sertipikat Tanah Elektronik,” paparnya.

Presiden Joko Widodo menyerahkan sertipikat tersebut secara langsung kepada 10 perwakilan masyarakat dari 10 desa di Banyuwangi.

Sementara, Menteri AHY menyebut, berdasarkan data hingga April 2024, Kementerian ATR/BPN telah menerbitkan sebanyak 33.553 Sertipikat Tanah Elektronik dan 34.929 Buku Tanah Elektronik.

“Kementerian ATR/BPN juga telah berhasil mendaftarkan sebanyak 112 juta bidang tanah dari target 120 juta bidang tanah terdaftar di tahun 2024. Di mana, 91,3 juta bidang tanah di antaranya telah bersertipikat. Sampai April ini, total Kabupaten/Kota Lengkap di Indonesia ada sebanyak 15 kabupaten/kota,” jelas AHY.

Hadir mendampingi Menteri AHY dalam penyerahan sertipikat kali ini, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian ATR/BPN serta Plt. Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur beserta jajaran.

Written by Ilex

Comments

This post currently has no comments.

Leave a Reply






  • play_circle_filled

    Radio VIS FM Banyuwangi
    Radio VIS FM

play_arrow skip_previous skip_next volume_down
playlist_play