menu Home chevron_right
Banyuwangi

Tiba di Bandara Banyuwangi, Jokowi Disambut Kesenian Hadrah

Ilex | 30 April 2024

radiovisfm.com – Saat tiba di Bandara Banyuwangi, Selasa (30/4/2024), Presiden Joko Widodo disambut meriah alunan hadrah.
Memang kali ini, orang nomor satu di Indonesia itu kembali melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Banyuwangi.

Presiden Jokowi ke Banyuwangi dalam acara Penyerahan Sertipikat Tanah untuk Rakyat yang digelar di GOR Tawang Alun Banyuwangi.

Kehadiran Jokowi disambut Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudoyono, yang didampingi PJ Gubernur Jatim Ardhy Karyono, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay, Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto, serta Danlanud Abdurahaman Saleh Malang Marsma TNI Firman Wirayuda.

Turut mendampingi Jokowi, Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
Kunjungan Jokowi ke Banyuwangi kali ini dalam rangka penyerahan Sertipikat Tanah Elektronik Hasil Redistribusi Tanah kepada 5000 penerima.

Agenda Presiden menyerahkan secara simbolis Sertipikat Tanah Elektronik Hasil Redistribusi Tanah kepada 5.000 penerima yang dipusatkan di GOR Tawang Alun, Banyuwangi. Total sertifikat yang diserahkan sebanyak 10.323 sertifikat dengan jumlah penerima sebanyak 8.633 KK. Sertifikat yang diserahkan merupakan hasil program redistribusi tanah dari pelepasan kawasan hutan (SK Biru) 2023.

Sesampainya di GOR Tawang Alun, Jokowi menyaksikan ribuan warga Banyuwangi yang dengan bangganya memegang sertifikat tanah elektronik hasil redistribusi tanah yang diberikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Total sertifikat tanah yang diserahkan mencapai 10.323 sertifikat dengan jumlah penerima sebanyak 8.633 kepala keluarga (KK).

Keterwakilan warga yang hadir di GOR Tawangalun mencapai 5.000 orang penerima sertifikat yang berasal dari 17 desa di Kabupaten Banyuwangi.

Sertifikat yang diserahkan itu merupakan hasil program Redistribusi Tanah dari Pelepasan Kawasan Hutan (SK Biru) yang mana telah diamanatkan Presiden RI pada akhir 2023 untuk ditindaklanjuti dengan diterbitkan Sertipikat Hak Atas Tanahnya.

“Saya datang kembali di Banyuwangi ini untuk menepati janji. Para penerima sertifikat di Banyuwangi ini adalah orang-orang pertama di Indonesia yang menerima sertifikat hasil Redistribusi Tanah dalam bentuk Sertifikat Tanah Elektronik,” papar Jokowi dalam sambutannya.

“Penyerahan sertifikat elektronik di Banyuwangi ini menjadi Redistribusi Tanah terbesar di Indonesia,” imbuhnya.

Dengan penyerahan sertifikat tanah ini, kata Jokowi, bisa memberikan kepastian hukum kepada masyarakat. Selain itu, masyarakat juga terhindar dari sengketa agraria.

“Estimasi jumlah bidang tanah di Indonesia mencapai 126 juta bidang yang diharapkan rampung tahun ini,” kata Jokowi.

ATR/BPN juga telah berhasil mendaftarkan sebanyak 112 juta bidang tanah dari target 120 juta bidang tanah terdaftar di tahun 2024. Dimana, 91,3 juta bidang tanah diantaranya telah bersertifikat. Sampai April ini, total Kabupaten/Kota Lengkap di Indonesia ada sebanyak 15 kabupaten/kota. Jokowi berharap bisa selesai tahun ini.

“Jika memang molor, paling hanya molor sedikit. Sehingga bisa dilanjut di awal tahun depan oleh Presiden berikutnya,” ungkap Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi berpesan kepada warga penerima sertifikat agar mempergunakannya sebaik mungkin.

“Silahkan sertifikat yang diperoleh dipergunakan ini untuk pinjaman modal di perbankan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tetapi 100 persen digunakan untuk modal usaha. Bukan membeli barang-barang konsumtif,” pesan Jokowi.

Written by Ilex

Comments

This post currently has no comments.

Leave a Reply






  • play_circle_filled

    Radio VIS FM Banyuwangi
    Radio VIS FM

play_arrow skip_previous skip_next volume_down
playlist_play