menu Home chevron_right
Banyuwangi

Sugirah Daftar Cabup Lewat PKB. Ini Alasannya

Ilex | 1 Mei 2024

radiovisfm.com – Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah resmi mendaftar calon bupati (cabup) di Pilkada Banyuwangi 2024 lewat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mendaftar di kantor PKB Banyuwangi bersama sejumlah relawannya.

Setelah dari PKB, Sugirah mengaku akan langsung bertolak ke kantor DPC PDIP Banyuwangi, partai yang menaunginya untuk juga mendaftar sebagai cabup. Sehingga, di hari yang sama Sugirah mendaftar Cabup Banyuwangi 2024 di dua partai sekaligus.

Saat ditemui wartawan, Sugirah menyampaikan alasan yang mendasarinya mendaftar cabup di beda partai. Baginya, itu bagian dari penjajakan koalisi dengan partai lain.

“Hal yang saya lakukan merupakan amanah dari partai,” ungkap Sugirah.

“Partai saya sudah mempersilahkan kepada Kepala Daerah, Wakil Kepala Daerah untuk membangun koalisi dengan partai lain dan tidak pernah ada intervensi,” paparnya.

Sugirah mengaku, PDIP dengan perolehan 11 kursi DPRD Banyuwangi atau kuota lebih 20 persen memang bisa mengusung calon tunggal.

Namun, kata dia, kekuatan PDIP dirasa masih belum bisa memenangkan seluruh pemilih yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

“Maka dari itu, saya perlu membangun koalisi dengan partai yang satu tujuan, satu visi dan satu misi. Dalam rangka untuk menjadikan Pilkada 2024 ini sesuai tujuan mensejahterakan masyarakat Banyuwangi,” papar Sugirah.

Sugirah juga belum bisa memastikan apakah dirinya nanti akan kembali dipasangkan dengan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di Pilkada 2024.

“Peluang kembali bersama bu Ipuk, lihat situasi dan kondisi yang akan datang,” jelas Sugirah.

Ketua DPC PKB Banyuwangi KH Abdul Malik Syafa’at mengatakan, merapatnya Wabup Sugirah memungkinkan PKB dan PDIP berkoalisi di Pilkada 2024.

“PKB tak dominan kekuatannya, demikian halnya dengan PDIP juga tak dominan, maka semua harus sinergi. Tentu kami harus membangun kesepahaman terlebih dahulu. Soal koalisi nanti, ini sangat mungkin,” jelas Gus Malik sapaan akrab Abdul Malik Syafa’at tersebut.

Ia menambahkan, hingga kini sudah ada 8 nama tokoh yang mendaftar Cabup dan Cawabup Banyuwangi 2024 lewat PKB. Nama-nama yang mendaftar itu nantinya akan dikirim ke DPP PKB untuk ditetapkan. Apalagi saat ini pembukaan pendaftaran Cabup dan Cawabup juga belum rampung.

“Kemungkinan masih ada lagi yang mendaftar. Soal siapa nanti yang dipilih PKB, semua ditentukan oleh DPP. Tentu ini akan mempertimbangkan keadaan riil yang ada di Banyuwangi,” pungkas Gus Malik.

Written by Ilex

Comments

This post currently has no comments.

Leave a Reply






  • play_circle_filled

    Radio VIS FM Banyuwangi
    Radio VIS FM

play_arrow skip_previous skip_next volume_down
playlist_play