menu Home chevron_right
Banyuwangi

Banyuwangi Siapkan Rumah Aman Korban Rudapaksa Pulau Merah

Ilex | 6 Mei 2024

radiovisfm.com – Pemkab Banyuwangi memberikan perlindungan bagi remaja korban rudapaksa yang terjadi di kawasan pantai Pulau Merah Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Selain menyiapkan rumah aman bagi korban, pemkab juga menanggung biaya visum korban.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, Banyuwangi, Henik Setyorini menjelaskan, rumah aman merupakan tempat singgah yang disiapkan oleh pemkab bagi korban kekerasan.

“Korban dapat menempati rumah aman hingga psikologisnya pulih. Untuk biaya visum, pendampingan psikolog, serta pendampingan hukum semuanya ditanggung oleh pemkab,” jelas Henik.

Henik menegaskan pendampingan bagi korban kekerasan, terutama kekerasan seksual dan pemerkosaan, secara aturan menjadi tanggung jawab pemerintah daerah.

“Apalagi kasus ini menjadi atensi. Kami telah menerima langsung perintah dari ibu Bupati agar pendampingan dilakukan hingga tuntas,” ungkap Henik.

“Maka dari itu, keluarga korban tak perlu risau soal biaya yang harus dikeluarkan dalam kasus pemerkosaan ini. Pemkab menjamin akan hadir dalam tiap tahap perjalanan kasusnya. Maka kami pastikan semua aman untuk kebutuhan biaya dan lain-lain,” paparnya.

Sekadar informasi, kasus rudapaksa tersebut telah ditangani oleh kepolisian setempat. Polisi juga telah menangkap dua orang terduga pelaku.

“Pemkab akan memastikan kasus itu berjalan sesuai aturan hukum yang berlaku. Di sisi lain, kami juga akan mengutamakan kondisi psikis korban agar lekas pulih,” pungkas Henik.

Written by Ilex

Comments

This post currently has no comments.

Leave a Reply






  • play_circle_filled

    Radio VIS FM Banyuwangi
    Radio VIS FM

play_arrow skip_previous skip_next volume_down
playlist_play