menu Home chevron_right
Banyuwangi

Ratusan Calon PPK Banyuwangi Ikuti Tes CAT

Ilex | 7 Mei 2024

radiovisfm.com – Ratusan calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi tahun 2024 mulai mengikuti ujian tes berbasis komputer (computer assisted test/CAT), sebagai rangkaian seleksi yang diadakan KPU Kabupaten Banyuwangi.

Komisioner KPU Banyuwangi Divisi SDM Parmas dan Sosdiklih Dian Purnawan menjelaskan, ujian CAT digelar dua hari, yakni pada 7-8 Mei 2024. Ujian diikuti oleh total 503 calon anggota PPK untuk 25 kecamatan.

“Dari total 521 pendaftar calon anggota PPK, yang lolos tahap awal sebanyak 503 orang. Mereka inilah yang berhak mengikuti tes seleksi berbasis komputer,” ujar Dian.

Ia menjelaskan, proses seleksi digelar dalam lima sesi yang berlangsung selama dua hari. Masing-masing tiga sesi pada hari pertama dan dua sesi pada hari berikutnya. Proses ujian CAT digelar di Kampus Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi).

Dalam ujian itu, tiap calon anggota PPK harus menjawab sebanyak 75 soal dalam waktu 90 menit. Maksimal 15 calon dengan nilai tertinggi untuk tiap kecamatan berhak lolos pada tahapan berikutnya.

Karena berbasis komputer, nilai tes bisa langsung diketahui oleh peserta. KPU juga langsung mengumumkan hasil seleksi beberapa saat setelah proses tes rampung.

“Ketika tes selesai, peserta sudah bisa mengetahui nilainya dari komputer masing-masing. Hasilnya tes juga langsung dicetak untuk diumumkan di depan masing-masing ruang tempat seleksi,” tutru Dian.

“Tak ada batas minimal nilai dalam tes tersebut. Peserta dengan nilai tes tertinggi yang akan lolos untuk mengikuti tahapan seleksi berikutnya, yakni wawancara,” imbuhnya.

Disampaikan Dian, berdasarkan aturan KPU, maksimal 15 peserta dengan nilai tertinggi dari masing-masing kecamatan yang akan lolos untuk tahap selanjutnya. Tetapi bisa juga kurang dari 15.

“Misalnya untuk wilayah yang pendaftarnya tidak terlalu banyak. Nanti kami akan menetapkan dalam rapat pleno,” ungkap Dian.

Diinformasikan, KPU Kabupaten Banyuwangi membutuhkan 125 anggota PPK untuk bertugas pada masa pemilihan kepala daerah tahun ini. Baik pemilihan gubernur-wakil gubernur maupun bupati-wakil bupati. Tiap kecamatan akan memiliki petugas PPK sebanyak lima orang.

“Antusiasme warga untuk menjadi PPK tergolong tinggi. Selama sepekan masa pendaftaran, sebanyak 500-an warga mendaftar untuk menjadi PPK,” ujar Dian.

“Kalau dibandingkan dengan pendaftaran PPK untuk Pemilu lalu, antusiasmenya sama. Bedanya, masa pendaftaran untuk PPK Pilkada ini lebih pendek dibanding sebelumnya. Tapi antusiasmenya tetap sama tinggi,” pungkasnya.

Written by Ilex

Comments

This post currently has no comments.

Leave a Reply






  • play_circle_filled

    Radio VIS FM Banyuwangi
    Radio VIS FM

play_arrow skip_previous skip_next volume_down
playlist_play