menu Home chevron_right
Banyuwangi

Tik Tok Nusantara Sukses Bantu Promosi Produk UMKM Banyuwangi Lewat Konten Digital

Ilex | 8 Mei 2024

radiovisfm.com – Tik Tok Nusantara sebuah program kolaborasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah setempat sukses digelar di Banyuwangi.

Program ini kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, dan TikTok Indonesia, yang menggandeng Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Perdagangan serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi yang di gelar mulai Januari – Mei 2024.

Program ini bertujuan untuk mewujudkan sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (parekraf) yang maju dan berkelanjutan dengan mengangkat kearifan lokal. Kegiatan ini memberikan dampak positif bagi para pelaku UMKM di Banyuwangi.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, Ainur Rofiq mengucapkan terima kasih kepada TikTok atas terselenggaranya program ini dalam membantu para pelaku ekonomi kreatif mempromosikan produk mereka melalui konten digital.

“TikTok telah berhasil membantu pelaku ekonomi kreatif baik dari UMKM maupun para industri kreatif untuk dapat mempromosikan produknya dalam bentuk konten digital,” ujar Rofiq.

Rofiq berharap, ke depan TikTok juga dapat menyasar para pengelola destinasi wisata untuk dapat belajar mengenai konten digital.
Hal ini mengingat tren wisatawan saat ini, seperti wisatawan mancanegara yang berbondong-bondong mengunjungi Banyuwangi karena tren viral di media sosial.

“Karena tak menuntut kemungkinan, seperti fenomena yang terjadi saat ini di Banyuwangi, banyak wisatawan asing karena tren yang viral di negaranya berfose di Taman Wisata Alam Kawah Ijen dengan pakaian yang sedang tren di daerahnya,” imbuh Rofiq.

Sementara itu, Public Policy & Government Relations TikTok Indonesia, Marshiella Pandji, mengaku bangga dengan Banyuwangi terpilih menjadi bagian dari TikTok Jalin Nusantara.

Ia mengatakan bahwa TikTok tertarik untuk merangkul para industri kreatif di sini karena Banyuwangi saat ini menjadi tujuan wisata populer dengan komunitas kreatif yang sudah terbentuk.

“Semoga dengan dipilihnya Banyuwangi sebagai salah satu lokasi TikTok Jalin Nusantara dapat membawa manfaat besar bagi komunitas kreatif dan industri pariwisata lokal. Melalui kegiatan pemberdayaan keterampilan digital, Banyuwangi dapat meningkatkan keahlian digital masyarakatnya, membuka peluang baru, serta dapat mendorong perubahan positif bagi ekonomi dan komunitas setempat,” papar Marshiella.

TikTok Jalin Nusantara di Banyuwangi menyaring ratusan pelaku ekonomi kreatif dan memberikan pelatihan intensif kepada sekitar 30 peserta pelaku UMKM dan wirausaha pemula.

Di akhir pelatihan yang digelar di Pantai Boom Marina Banyuwangi, TikTok juga menyalurkan kredit iklan senilai USD15.000 atau sekitar Rp 240 juta kepada para peserta pelatihan untuk membantu mereka mempromosikan produk, memperluas pasar, dan mengembangkan bisnis di TikTok.

“Melalui program ini, TikTok berharap konten-konten kreatif dari produk lokal di Banyuwangi bisa mendapatkan lebih banyak perhatian, sehingga dapat memberikan dampak positif yang lebih luas bagi komunitas, seperti peningkatan penjualan, peningkatan kesejahteraan, adanya peluang kerja yang baru, dan dorongan untuk perkembangan UMKM,” pungkas Marshiella.

Written by Ilex

Comments

This post currently has no comments.

Leave a Reply






  • play_circle_filled

    Radio VIS FM Banyuwangi
    Radio VIS FM

play_arrow skip_previous skip_next volume_down
playlist_play