menu Home chevron_right
Banyuwangi

20 Panwascam Pemilu Kembali Dipakai Bawaslu Banyuwangi Untuk Pilkada 2024

Ilex | 9 Mei 2024

radiovisfm.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banyuwangi kembali memakai jasa 29 orang Panwascam Pemilu untuk penyelenggaraan Pilkada 2024 mendatang. Dari hasil tahap evaluasi dan eksisting, ke 29 orang itu dinilai berkinerja baik dan memenuhi syarat sehingga layak untuk diperpanjang.

Ketua Bawaslu Banyuwangi, Adrianus Yansen Pale mengatakan eksisting panwascam pilkada 2024, mengacu kepada instrumen yang dikeluarkan Bawaslu RI.

“Hasil evaluasi ada 29 Panwascam yang eksisting. Dari seluruh kecamatan di Banyuwangi, hanya Kalibaru yang seluruhnya lolos eksisting. Sementara di 24 kecamatan lain jumlahnya bervariatif,” papar Ansel.

“Kebutuhan Panwascam di Banyuwangi mencapai 75 orang. Dengan rincian 3 orang per kecamatan. Kini Bawaslu masih kekurangan 46 orang anggota Panwascam,” jelasnya.

Bawaslu pun membuka recruitment. Pendaftaran telah dibuka tiga hari sejak 5-7 Mei 2024. Setelah tahap pendaftaran, Bawaslu bakal melakukan verifikasi dan penilitian berkas administrasi para pendaftar yang terjadwal pada tanggal 9-11 Mei 2024. Hasil seleksi administrasi akan diumumkan 12 Mei 2024.

Bagi peserta yang lolos seleksi administrasi bakal mengikuti tahapan seleksi lanjutan sesuai ketentuan yang berlaku.

Sementara itu, Ratusan calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi tahun 2024 mulai mengikuti ujian tes berbasis komputer (computer assisted test/CAT), sebagai rangkaian seleksi yang diadakan KPU Kabupaten Banyuwangi.

Ujian diikuti oleh total 503 calon anggota PPK untuk 25 kecamatan. Dari total 521 pendaftar calon anggota PPK, yang lolos tahap awal sebanyak 503 orang. Mereka inilah yang berhak mengikuti tes seleksi berbasis komputer.

KPU Kabupaten Banyuwangi membutuhkan 125 anggota PPK untuk bertugas pada masa pemilihan kepala daerah tahun ini. Baik pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur maupun Bupati-Wakil Bupati Banyuwangi.

Tiap kecamatan akan memiliki petugas PPK sebanyak lima orang. Di Banyuwangi terdapat 25 kecamatan.

Written by Ilex

Comments

This post currently has no comments.

Leave a Reply






  • play_circle_filled

    Radio VIS FM Banyuwangi
    Radio VIS FM

play_arrow skip_previous skip_next volume_down
playlist_play