menu Home chevron_right
Banyuwangi

BEC 2024 Masuki Tahap Presentasi Kostum Tahap Pertama

Ilex | 27 Juni 2024

radiovisfm.com – Sebanyak 130 peserta Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2024 perwakilan dari desa-desa di Banyuwangi mulai mempresentasikan kostum dengan tema yang telah ditentukan.

BEC tahun ini mengusung tema “Ndaru Deso, Revival of Village”. Mereka semua kini memasuki tahap penjurian yang dilaksanakan di area Agrowisata Tamansuruh (AWT), Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Kamis, (27/06/2024).

Tahun ini, Banyuwangi akan kembali menggelar pagelaran BEC pada hari Sabtu, 13 Juli 2024 beserta rangkaian acaranya.
Melalui BEC, terlahir sebuah bentuk transformasi budaya tradisional ke dalam bentuk-bentuk baru yang lebih menarik untuk dinikmati.

Para dewan juri dihadirkan secara khusus dengan sesuai kategori penilaian. Mereka para dewan juri tersebut adalah Bambang Lukito, John A Rahmatullah, Sukirno Fajar, Almira dan Ariska Ayu Citra.

Selain memberikan penilaian, para dewan juri juga memberikan arahan mengenai apa yang dianggap belum maksimal, hal ini tentu untuk mencapai suatu peragaan busana kostum yang baik.

Satu persatu sub-tema diperagakan oleh peserta. Mulai dari Warisan Budaya, Keindahan Alam, Atraksi Desa, Kuliner, Ekonomi Kreatif, Inovasi Tekhnologi, dan Umum. Semua diperagakan secara bagus oleh peserta BEC 2024.

“Selamat kepada seluruh peserta BEC tahun 2024 ini,” ungkap Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, Ainur Rofiq.

Ia berpesan kepada seluruh pendamping dan tim yang terlibat, apa yang telah dewan juri berikan masukan untuk dilakukan sebaik mungkin demi memaksimalkan ketika memasuki presentasi ke-2 pada tanggal 9 Juli 2024 nanti.

“Para dewan juri memberikan beberapa arahan, maka lakukan sebaik-baiknya. Karena arahan dari para dewan juri itu merupakan kunci dari kesuksesan para peserta untuk mendapatkan nilai yang sempurna,” pinta Rofiq.

Pada penyelenggaraan BEC yang ke-12 tahun 2024 ini, start parade akan di mulai di kawasan Alun-alun Taman Blambangan dan finish di depan kantor Kecamatan Banyuwangi dengan menempuh jarak sekitar 2 km.

Pagelaran BEC tahun ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Akan ada rangkaian acara yang dimulai dari tanggal 10-14 Juli 2024.
Maka, masyarakat bersiap untuk terpesona dengan berbagai acara menarik. Berikut adalah jadwal rangkaian kegiatan BEC 2024.

• 10-14 Juli: Creative Expo di Lorong Bambu Gesibu Blambangan, menampilkan berbagai produk kreatif dan UMKM lokal.

• 11-12 Juli: Srawung Seni di Gesibu Blambangan, pertunjukan seni dan budaya tradisional Banyuwangi dan luar daerah yang memukau.

• 13 Juli: Grand Carnival BEC di Jl. Dr. Soetomo, Taman Blambangan, puncak acara dengan parade kostum spektakuler dari berbagai desa di Banyuwangi.

• 14 Juli: Awarding BEC di Gesibu Blambangan, malam penghargaan bagi para peserta BEC 2024.

Tak hanya itu, para penyanyi fenomenal seperti Wandra Restusiyan, Suliyana dan Kezya Filano (DAcademy 5) pun siap mengguncang panggung showtime BEC 2024.

Written by Ilex

Comments

This post currently has no comments.

Leave a Reply






  • play_circle_filled

    Radio VIS FM Banyuwangi
    Radio VIS FM

play_arrow skip_previous skip_next volume_down
playlist_play