menu Home chevron_right
Banyuwangi

Jelang ITdBI, Banyuwangi Perbaiki Jalan Sekitar 189 KM

Ilex | 28 Juni 2024

radiovisfm.com – Berbagai persiapan mulai dimatangkan oleh Pemkab Banyuwangi untuk menyambut ajang balap sepeda bergengsi, Internasional Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2024 yang akan digelar pada 22-25 Juli mendatang. Salah satu fokus persiapan saat ini adalah memastikan jalan yang akan menjadi jalur ITdBI 2024 mulus.

ITdBI 2024 akan melintasi rute 632 kilometer (km) yang terbagi atas empat etape.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Perumahan dan Permukiman (DPUCKPP) Banyuwangi Suyanto Waspo Tondo mengatakan, persiapan untuk jalur Tour de Banyuwangi Ijen sudah dilakukan pihaknya.

“Beberapa titik yang akan menjadi jalur ITdBI 2024 perlu mendapat perbaikan. Dari total rute yang ada, sekitar 30 persen jalur yang membutuhkan perbaikan. Itu artinya, dari 632 km jalur ITdBI 2024, jalan yang perlu diperbaiki sekitar 189 km,” ujar pria yang akrab disapa Yayan itu.

“Perbaikan tidak terlalu signifikan. Kerusakan jalannya tidak lebih dari 20 persen,” imbuhnya.

DPUCKPP Banyuwangi juga berkoordinasi dengan pihak-pihak yang berhubungan dengan perbaikan jalur ITdBI 2024. Termasuk dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jatim.

Saat ini, BBPJN Jatim tengah membangun jembatan di ruas jalan utama Jember-Banyuwangi, tepatnya di sekitar Desa Labanasem, Kecamatan Kabat. Sebagai salah satu titik rute jalur ITdBI 2024, pembangunan jalan ditargetkan rampung sebelum pelaksanaan turnamen tersebut.

“Semua sudah siap untuk perbaikan. Targetnya akhir bulan Juni seluruhnya tuntas dan siap digunakan untuk Tour de Banyuwangi Ijen,” tutur Yayan.

Sekadar informasi, ITdBI tahun ini akan melintasi jalur sepanjang total 632 kilometer (km) yang terbagi dalam empat etape. Yakni etape satu rute Karangdoro – Pemkab Banyuwangi, etape dua Alas Purwo – Pemkab Banyuwangi, etape tiga Dusun Kakao – Pemda Banyuwangi, dan etape empat Pantai Boom – Paltuding. Panjang etape masing-masing kurang lebih sama, yaitu sekitar 175 km.

Dari sisi peserta, ITdBI 2024 akan diikuti oleh 20 tim dari dalam dan luar negeri. Tim-tim tersebut diseleksi dari sekitar 42 tim yang mendaftar.

Dari jumlah 20 tim yang berpartisipasi dalam ITdBI 2024, sebanyak 14 tim berasal dari luar negeri. Sementara sisanya enam tim berasal dari Indonesia.

Written by Ilex

Comments

This post currently has no comments.

Leave a Reply






  • play_circle_filled

    Radio VIS FM Banyuwangi
    Radio VIS FM

play_arrow skip_previous skip_next volume_down
playlist_play