menu Home chevron_right
Banyuwangi

8 Rumah Warga di Banyuwangi Porak Poranda Diterjang Putting Beliung. Ini kata BMKG

Ilex | 3 Juli 2024

radiovisfm.com – Sebanyak 8 rumah warga di kawasan Desa Tegaldlimo, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi rusak parah akibat di terjang angin putting beliung, Rabu (3/7/2024).

Sebagian besar atap rumah warga rusak setelah diterjang angin putting beliung yang berlangsung tidak kurang dari satu menit. Meski sempat membuat warga panik, beruntung musibah alam ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Angin putting beliung yang dipicu tingginya pertumbuhan awan comulinimbus tersebut berputar di seputaran perkampungan Dusun Sumbermulyo, Desa Tegaldlimo hingga memporak porandakan rumah warga. Mayoritas kerusakan terjadi pada atap rumah.

Terpantau sebuah kanopi besi di rumah salah satu warga jatuh ke tanah setelah diterjang angin putting beliung cukup kuat.

Peristiwa ini terjadi pasca adanya hujan cukup lebat selama setengah jam di wilayah setempat.

Sebelum angin menerjang, awan gelap cumulonimbus memang sempat mengitari pemukiman warga hingga akhirnya angin berputar putar di kawasan setempat.

Karena terjadi secara tiba-tiba, terjangan angin ini sempat membuat warga panik dan berlarian keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Angin akhirnya terhenti setelah awan gelap bergerak menjauhi pemukiman menuju kawasan lapangan persawahan.

Mendapati kondisi ini, Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi, Rahmayani menyampaikan bahwa meski saat ini masih memasuki musim kemarau, namun cuara ekstrem akan terjadi akibat adanya gangguan gelombang Ekuatorial Rossby.

“Gelombang Rossby ini membawa massa udara yang bersifat basah sehingga memicu tumbuhnya awan konektif yang dapat menimbulkan hujan dengan intensitas lebat,” ujar Rahmayani.

“Peringatan dini cuaca ekstrem ini diprediksi akan terjadi sejak tanggal 1 Juli hingga 7 Juli mendatang. Tak hanya di Banyuwangi, cuaca ekstrem ini juga berpotensi terjadi di seluruh wilayah Jawa Timur,” paparnya.

Sementara itu, pasca terjadinya angin putting beliung, warga bersama TNI Polri dan perangkat desa setempat langsung bergotong royong untuk melakukan upaya pembersihan.

Warga berharap pemerintah bisa memberikan bantuan untuk renovasi rumah yang rusak akibat terjangan angin putting beliung tersebut.

Berdasarkan pantauan di lapangan, 8 rumah warga yang rusak itu adalah milik Nangimah (55); Sawali (57); Sujai (45); Eko Prasetyo (40); Boirah (56); Sulastri (60); Suyadi (64) dan Sumarmi (57).

Seluruhnya berada di Dusun Sumbermulyo, Desa Tegaldlimo, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi. Kerugian material tercatat mencapai 27 juta rupiah.

Written by Ilex

Comments

This post currently has no comments.

Leave a Reply






  • play_circle_filled

    Radio VIS FM Banyuwangi
    Radio VIS FM

play_arrow skip_previous skip_next volume_down
playlist_play