menu Home chevron_right
Banyuwangi

3 KRI Gelar Operasi Trisila di Perairan Indonesia Termasuk Banyuwangi

Ilex | 5 Juli 2024

radiovisfm.com – Operasi Trisila TNI Angkatan Laut 2024 tahap 3 mulai digelar untuk memelihara dan meningkatkan keamanan laut di wilayah Indonesia. Operasi militer ini melibatkan latihan pendaratan amfibi, tugas penegakan hukum, serta kegiatan bakti sosial dan pameran alutsista untuk meningkatkan rasa cinta terhadap TNI Angkatan Laut.

Satgas Operasi Trisila TNI Angkatan Laut dipimpin oleh Komandan Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada II Laksma TNI Amrin Rosihan Hendrotomo yang melibatkan tiga kapal perang diantaranya KRI Ahmad Yani-351, KRI Teluk Ende-517 dan KRI Layang-635.

Komandan Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada II Laksma TNI Amrin Rosihan Hendrotomo menjelaskan, Operasi Trisila 2024 tahap 3 ini rencananya dilaksanakan selama 37 hari mulai 3 Juli hingga 8 Agustus 2024 mendatang.

“Rute operasi berangkat dari Surabaya secara konvoi menuju ke Bondowoso. Disini, digelar latihan pendaratan. Rute lanjut ke Banyuwangi untuk melaksanakan berbagai kegiatan. Dari Banyuwangi, operasi lanjut ke Cilacap, Denpasar hingga ke Labuan Bajo dan Waingapu. Lanjut ke Kupang, Mataram dan balik lagi ke Surabaya,” papar Laksma Amrin.

Ia menyebut, target utama dari Operasi Trisila ini adalah sesuai tugas pokok yang diemban TNI AL ada 4 macam. Yaitu, menjaga dan melindungi kepentingan nasional Indonesia di Laut. Makanya, Operasi Trisila ini selalu dipilih rute disekitar wilayah di perbatasan dan bukan di perairan dalam.

“Kedua, dalam rangka mencegah dan menindak segala bentuk pelanggaran hukum di laut. Apabila menemukan berbagai tindakan illegal di laut maka langsung ditindak,” jelas Laksama Amrin.

“Kami dalam rangka membina profesionalisme dan kemampuan tempur dari unsur-unsur Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) yang tergabung dalam Satgas. Karena pada Satgas ini, kami membawa pesawat udara dan heli serta pasukan tempur dan KRI,” paparnya.

Terakhir, pihaknya membina potensi maritim yang dilaksanakan bersama dengan Pangkalan TNI AL (Lanal) yang dikunjungi untuk menggelar bakti sosial, bakti kesehatan serta lainnya.

Sementara, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banyuwangi, Letkol Laut (p) Hafidz mengatakan, kini ketiga KRI itu bersandar di Banyuwangi untuk melaksanakan beberapa kegiatan Satgas Operasi Trisila. Yakni, pada Sabtu pagi, 6 Juli 2024 melaksanakan bakti sosial Penanaman Mangrove, Pelepasan Tukik dan pembersihan pantai di Pantai Cemara Banyuwangi.

“Malam harinya, digelar pemutaran Film tentang TNI Angkatan Laut di Pantai Boom Banyuwangi,” ujar Danlanal.

“Untuk di hari Minggu dan Senin, 7-8 Juli 2024 dilaksanakan Open Ship di KRI Ahmad Yani-351, KRI Layang-635 dan KRI Teluk Ende-517 yang digelar di Dermaga Tanjungwangi,” pungkasnya.

Written by Ilex

Comments

This post currently has no comments.

Leave a Reply






  • play_circle_filled

    Radio VIS FM Banyuwangi
    Radio VIS FM

play_arrow skip_previous skip_next volume_down
playlist_play