menu Home chevron_right
Banyuwangi

Pilkada Serentak 2024, Lapas Banyuwangi Siapkan 2 TPS

Ilex | 9 Juli 2024

radiovisfm.com – Menjelang pelaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuwangi mulai intensif melakukan koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Pada Pilkada 2024 yang akan digelar November mendatang, tercatat akan ada dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) Khusus di Lapas Banyuwangi yang akan menampung penyaluran hak pilih dari tahanan maupun narapidana.

Hal itu berdasarkan hasil koordinasi antara Kepala Lapas Banyuwangi, Agus Wahono dan sejumlah pejabat struktural dengan Komisioner KPU Banyuwangi Divisi Perencanaan Data dan Informasi Moh. Qowim, Staf KPU, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Giri.

Dua TPS Khusus yang ditempatkan di Lapas Banyuwangi akan menampung penyaluran suara lebih dari 900 penghuni, baik tahanan maupun narapidana.

“Berdasarkan komunikasi dan koordinasi yang kami lakukan, idealnya dalam pelaksanaan Pilkada, tiap TPS bisa menampung dan melayani 450 hingga 580 orang pemilih,” ujar Agus.

“Jumlah penghuni di Lapas Banyuwangi (tahanan dan narapidana) saat ini lebih dari 900 orang, sehingga dua TPS ini dinilai sudah cukup untuk menampung keseluruhan penghuni,” tuturnya.

Disampaikan Agus, penempatan TPS Khusus di Lapas Banyuwangi memang lebih sedikit dibandingkan pada saat gelaran Pemilihan Umum (Pemilu) pada Februari lalu, hal itu dikarenakan yang dipilih dalam Pilkada tidak sebanyak Pemilu.

Pada Pilkada kali ini hanya dilaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati atau Walikota dan Wakil Walikota, sehingga pelaksanaannya bisa lebih cepat dibandingkan dengan Pemilu.

“Kami terus melakukan pendataan dan pemutakhiran daftar pemilih, serta menjamin agar seluruh tahanan maupun narapidana dapat terdaftar dan menyalurkan hak pilihnya,” papar Agus.

Ia mengaku, penggunaan hak milih merupakan hak konstitusional warga negara, tidak terkecuali mereka yang sedang menjalani pembinaan di Lapas, karena itu pihaknya terus memastikan masing-masing dari mereka dapat memenuhi syarat untuk dimasukkan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Untuk itu, koordinasi dan komunikasi dengan KPU akan terus kami laksanakan guna kelancaran pelaksanaan pesta demokrasi di Lapas Banyuwangi pada November mendatang. Kami berharap pelaksanaan Pilkada 2024 nantinya dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib,” pungkas Agus.

Written by Ilex

Comments

This post currently has no comments.

Leave a Reply






  • play_circle_filled

    Radio VIS FM Banyuwangi
    Radio VIS FM

play_arrow skip_previous skip_next volume_down
playlist_play