Aparat Polda Jawa Timur dan Brimob Terlibat Amankan Pemilu di Banyuwangi

By ILEX VIS 12 Feb 2024, 19:10:11 WIB Banyuwangi
Aparat Polda Jawa Timur dan Brimob Terlibat Amankan Pemilu di Banyuwangi

radiovisfm.com - Sebanyak 11.942 personel gabungan disiagakan untuk mengamankan jalannya Pemilu 2024 di Banyuwangi, termasuk didalamnya 100 personel BKO dari Polda Jawa Timur dan 1 SST Gegana Brimob Polda Jawa Timur.

Pemilu serentak yang akan digelar pada 14 Februari 2024 di Banyuwangi, Jawa Timur, menjadi atensi penuh. Mengingat Banyuwangi merupakan daerah perbatasan dengan Pulau Bali yang berada paling ujung timur Pulau Jawa.

Baca Lainnya :

Selain personel BKO Polda Jawa Timur dan Brimob, personel gabungan tersebut terdiri dari 900 personel Polresta Banyuwangi, 367 personel Kodim 0825 Banyuwangi, 200 personel Satpol PP, 30 petugas Dishub Banyuwangi dan 10.000 personel Linmas.

Sebelum di terjunkan ke lapangan, seluruh personel gabungan tersebut melaksanakan Apel Gelar Pasukan dan Serpas Ops Mantap Brata Semeru 2024 di Taman Blambangan, Senin (12/2/2024).

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nanang Haryono mengatakan total personel gabungan yang diterjunkan sebanyak 11.942. Para personel langsung geser ke masing-masing TPS.

Berkaca pada pemilu sebelumnya dimana banyak petugas Pemilu yang sakit dan meninggal, saya mengimbau kepada seluruh personil yang terlibat untuk menjaga kesehatan dan memastikan kondusifitas. Saya juga mengimbau masyarakat untuk berpartisipasi dengan menggunakan hak pilihnya di TPS,” ungkap Kombes Nanang.

Sementara, dari 100 personel BKO Polda Jawa Timur tersebut, sebanyak 4 personel masing-masing di siagakan di 21 polsek rurar dan 6 personel di 4 polsek urban.

“Untuk para aparat kepolisian jajaran Polresta Banyuwangi diturunkan ke seluruh polsek, karena mereka yang mengetahui kondisi dan situasi wilayah setempat,” ujar Kapolresta.

Sementara, usai menjadi inspektur upacara Apel Gelar Pasukan dan Serpas Ops Mantap Brata Semeru 2024, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan kegiatan apel gelar pasukan ini merupakan kesiapan akhir dalam rangka mengamankan tahapan pemilu. Utamanya pengamanan pada saat momen pemungutan dan perhitungan suara pemilu.

“Saya berharap para personel, menjalankan tugas dengan tulus dan sebaik-baiknya karena akan bernilai ibadah. Tugas ini tidak dapat dinilai dengan apapun,” papar Bupati Ipuk.

“Tahap pemungutan dan perhitungan adalah tahap paling krusial dalam Pemilu. Sebab pada tahap ini berbagai gangguan dimungkinkan terjadi,” imbuhnya.

Oleh karenanya, Bupati Ipuk berpesan kepada para personel untuk memahami tugas pokok, memahami peta kerawanan wilayah dan mengedepankan sinergi. Sehingga jalannya pemilu dapat berjalan aman, nyaman, lancar tanpa adanya gangguan.

“Semoga semuanya berjalan sukses,” tutur Bupati Ipuk.

Sebagai informasi Apel ini turut dihadiri sejumlah Forkopimda Banyuwangi. Pejabat Kodim 0825 Banyuwangi, Lanal Banyuwangi, Kejaksaan Negeri Banyuwangi, Komisioner KPU dan Bawaslu Banyuwangi.

Apel ini ditutup dengan doa bersama tokoh lintas agama. Diharapkan jalannya Pemilu di Banyuwangi aman lancar tanpa ada gangguan.

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment